Siapa Bilang Aplikasi Pinjol Bunga Ringan Menguntungkan? Pahami Tips Memilih Pinjaman yang Aman

Siapa Bilang Aplikasi Pinjol Bunga Ringan Menguntungkan? Pahami Tips Memilih Pinjaman yang Aman

SELEKTIF - Kenali cara memilih aplikasi pinjol bunga ringan, supaya tidak terjebak jeratan bunga pinjol di kemudian hari.-youtube-

radartegal.com - Aplikasi pinjaman online (pinjol) bunga ringan dalam beberapa tahun terakhir, menjadi salah satu alternatif pembiayaan yang semakin populer. Tidaklah mengherankan, karena pinjol menawarkan proses yang cepat, mudah, dan persyaratan yang gampang.

Hanya saja ternyata masih banyak masyarakat yang belum memahami apa itu aplikasi pinjol bunga ringan. Termasuk risiko-risiko yang berpotensi menjerat mereka.

Salah satu risiko yang perlu diwaspadai adalah jeratan bunga pinjaman yang tinggi. Itulah sebabnya, sangat penting bagi masyarakat untuk memilih pinjol yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Misalnya aplikasi pinjol memiliki bunga pinjaman yang lebih ringan atau rendah dan lebih aman dibandingkan pinjol ilegal sekalipun. Pinjaman ini menawarkan bunga pinjaman yang lebih rendah dibandingkan pinjol pada umumnya.

BACA JUGA: 7 Pinjol Bunga Ringan OJK dengan Tenor Panjang, Tekan Potensi Galbay dengan Cicilan Lebih Ringan

BACA JUGA: 10 Pinjol Bunga Ringan Cepat Cair yang Masuk Daftar OJK, Dijamin Aman dan Jauh dari Penagihan Kasar

Bunga pinjaman yang rendah ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman. Namun, perlu diingat bahwa bunga pinjaman yang rendah tidak selalu berarti aman.

Pertimbangan saat memilih aplikasi pinjaman

1. Legalitas

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah legalitas pinjol. Pastikan pinjol yang Anda pilih telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Pinjol yang terdaftar di OJK memiliki bunga pinjaman yang lebih rendah dan lebih aman dibandingkan pinjol ilegal.

2. Suku Bunga

Perhatikan suku bunga yang ditawarkan oleh pinjol. Suku bunga pinjaman online biasanya dinyatakan dalam persentase per bulan. Semakin rendah suku bunga pinjaman, maka semakin ringan beban yang harus Anda tanggung.

BACA JUGA: Daftar Pinjol Bunga Ringan Tanpa DC Lapangan 2023, Keuntungan dan Kekurangan Pinjol Bagi Nasabah

BACA JUGA: 9 Pinjol Bunga Ringan Tanpa DC Lapangan, Paling Aman dan Terdaftar OJK

Sumber: