D. Zawawi Imron, Jusuf Wanandi dan 3 Tokoh Lainnya Raih Penghargaan Achmad Bakrie 2024

D. Zawawi Imron, Jusuf Wanandi dan 3 Tokoh Lainnya Raih Penghargaan Achmad Bakrie 2024

PENGHARGAAN- Lima tokoh dari berbagai kategori menjadi peraih Penghargaan Achmad Bakrie 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

JAKARTA, radartegal.id - Tokoh seni dan budaya D. Zawawi Imron dan tokoh pemikiran sosial Jusuf Wanandi dipastikan mendapatkan penghargaan Achmad Bakrie 2024. Selain keduanya, penghargaan juga diberikan kepada 3 lainnya yakni Afriyanti Sumboja (Sains dan Teknologi), Harapan (Kesehatan), dan Grandprix Thomryes Marth Kadja (Penghargaan Khusus: Ilmuwan Muda).

Ketua Dewan Juri Prof. Sofia W. Alisjahbana mengungkapkan bahwa meskipun ada perdebatan dalam proses penjurian, namun para juri yang berasal dari berbagai latar belakang ini cukup kompak. Dalam memilih kandidat dan memutuskan penerima, dewan juri tidak hanya menilai karya dan prestasi saja, namun juga aspek kemanfaatannya bagi masyarakat.

“Sesuai dengan nilai yang ada pada Penghargaan Achmad Bakrie, dalam melakukan penjurian kami juga memperhatikan aspek kemanfaatan,” jelas Sofia. 

Karenanya, penerima penghargaan adalah orang Indonesia yang selama ini mengabdikan hidupnya untuk berkarya serta bermanfaat bagi orang banyak. Penghargaan Achmad Bakrie merupakan inisiatif Keluarga Bakrie untuk mengapresiasi putra-putri Indonesia yang memiliki pencapaian serta karya inspiratif yang bermanfaat bagi Indonesia, bahkan dunia. 

BACA JUGA: Dinilai Transparan, Pemkab Tegal Raih Penghargaan Outstanding Public Information Transparancy

BACA JUGA: Selamat! Nana Sudjana Raih Penghargaan Most Inspiring Leader, Catat Capaian Kinerja Positif

Sejak digelar pertama kali pada tahun 2003, penghargaan Achmad Bakrie telah diberikan kepada 86 penerima yang terdiri dari 82 perorangan dan 4 lembaga atau kelompok. Ditambah dengan tahun ini, maka total penerima penghargaan saat ini berjumlah 91 penerima.

Kembali menjadi Ketua Penyelenggara Penghargaan Achmad Bakrie XX 2024 Aninditha Anestya Bakrie (Ditha), mengungkapkan para penerima penghargaan dipilih oleh dewan juri yang kompeten dengan berbagai latar belakang dan kepakaran.


Aninditha Anestya Bakrie -Istimewa-Radartegal.disway.id 

“Untuk tahun ini profil dewan jurinya kami buka agar masyarakat juga dapat mengetahui bahwa para penerima dipilih oleh dewan juri yang sangat kompeten dan kredibel,” jelas Ditha dalam keterangan tertulisnya.

Dewan juri Penghargaan Achmad Bakrie XX 2024 dipimpin oleh Rektor Universitas Bakrie Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. sebagai Ketua Dewan Juri. Sementara anggota Dewan Juri ada Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng. (Rektor UGM 2017-2022 dan Ketua Forum Rektor Indonesia 2021-2022), Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. (Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional/BRIN, yang juga penerima Penghargaan Achmad Bakrie 2008).

BACA JUGA: 3 Perangkat Daerah Peraih Nilai AKIP Tertinggi di Kota Tegal Dapat Penghargaan, Ini Daftarnya

BACA JUGA: Raih Penghargaan UHC Award 2024, Pemkab Tegal Masuk Kategori Pratama

Kemudian, ada Dr. Ninik Rahayu (Ketua Dewan Pers Indonesia 2022 – 2025 dan Komisioner Komnas Perempuan 2006- 2009 dan 2010-2014), Yose Rizal Damuri, Ph.D.(Direktur Eksekutif CSIS), Luthfi Assyaukanie, Ph.D. (Freedom Institute), Nong Darol Mahmada (Freedom Institute).

Sumber: