Dinilai Transparan, Pemkab Tegal Raih Penghargaan Outstanding Public Information Transparancy

Dinilai Transparan, Pemkab Tegal Raih Penghargaan Outstanding Public Information Transparancy

PENGHARGAAN- Hadir mewakili Pj Bupati Tegal Agustyarsyah, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud mengaku senang Pemkab Tegal bisa meraih penghargaan di bidang indormasi dan komunikasi ini.-Istimewa-Radartegal.disway.id

SEMARANG, radartegal.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal sebagai badan publik, Rabu, 14 Agustus 2024 malam berhasil meraih penghargaan Outstanding Public Information Transparancy. Penghargaan itu diberikan karena pemkab dinilai sukses dalam memberikan layanan informasi publiknya secara terbuka, update dan mudah akses.

Pemkab Tegal mendapatkan penghargaan tersebut dari stasiun jaringan televisi berita digital CNN Indonesia pada ajang CNN Indonesia Awards 2024 di Hotel Padma, Kota Semarang.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat menyampaikan sambutannya berharap ajang penghargaan ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik, perkembangan ekonomi, pembangunan sosial, pelestarian budaya dan lingkungan hidup.

“Pemprov Jawa Tengah senantiasa meningkatkan performa pemerintahan melalui kerja-kerja pembangunan yang mencakup upaya-upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, pelayanan terbaik dan juga perekonomian daerah,” ucapnya pada ajang penghargaan bertemakan Dari Jawa Tengah untuk Indonesia Gemilang itu.

BACA JUGA: Selamat! Nana Sudjana Raih Penghargaan Most Inspiring Leader, Catat Capaian Kinerja Positif

BACA JUGA: Ikut Jateng Fair 2024, Stand Pemkot Tegal Raih Penghargaan Terbaik Kedua untuk Kategori Ini

Tercatat lebih dari 40 penghargaan diberikan kepada lembaga pemerintah, swasta, BUMD dan tokoh serta pejabat berpengaruh sebagai wujud pengakuan CNN Indonesia atas kinerja positif yang memberikan banyak manfaat bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Jawa Tengah.

Hadir mewakili Pj Bupati Tegal Agustyarsyah, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud mengaku senang pihaknya bisa meraih penghargaan di bidang indormasi dan komunikasi ini.

“Tentunya dengan penerimaan award ini kita jadi semakin semangat mengawal keterbukaan informasi publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal yang lebih baik lagi, di mana ini diakui, diapresiasi lembaga berita CNN Indonesia,” ucap Amir.

Selain menjadi kewajiban pemerintah, keterbukaan informasi publik merupakan hal yang penting dalam mewujudkan good governance dengan cara menyediakan ruang bagi masyarakat memperoleh informasi yang memadai untuk mengambil keputusan dan ikut serta dalam pengambilan kebijakan.

BACA JUGA: Raih Penghargaan UHC Award 2024, Pemkab Tegal Masuk Kategori Pratama

BACA JUGA: 3 Perangkat Daerah Peraih Nilai AKIP Tertinggi di Kota Tegal Dapat Penghargaan, Ini Daftarnya

Penyelenggaraan keterbukaan informasi publik yang baik akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah, serta mengurangi praktik korupsi karena dengan mudah masyarakat bisa mengetahui dan ikut mengawasi penggunaan anggaran pembangunan.

“Jika dalam praktiknya masyarakat mengalami kesulitan, merasa dirugikan, atau tidak puas dengan pelayanan pemerintah, mereka bisa langsung menyampaikan keluhan atau laporannya ke kanal aplikasi android Lapor Bupati Tegal ataupun kanal Whatsapp. Secepatnya ini akan kita respon, kita tindaklanjuti,” katanya.

Sumber: