Wisata Sejarah, Siswa SD Kunjungi Bangunan Bersejarah di Tegal

Wisata Sejarah, Siswa SD Kunjungi Bangunan Bersejarah di Tegal

Pj Walikota Tegal, Danlanal Tegal dan Siswa SD berfoto di depan Lanal yang merupakan salah satu bangunan bersejarah di Tegal--

TEGAL, radartegal.id - Sejumlah siswa Sekolah Dasar (SD) mengikuti kegiatan wisata sejarah yang dikemas dalam Tegal Children's Festival Sabtu, 10 Agustus 2024 pagi hingga siang. Dalam kegiatan itu, mereka mengunjungi sejumlah bangunan bersejarah peninggalan zaman penjajahan Belanda di Kota Tegal.

Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Kota Tegal Dian Eka Kusumawardhani mengatakan tujuan kegiatan itu, yakni untuk mengajak para siswa-siswi SD belajar sejarah. Melalui bangunan bersejarah yang ada di Kota Tegal.

"Kegiatan ini, merupakan hasil kolaborasi dengan pihak lain. Tujuannya, untuk mengajak peserta belajar sejarah," katanya.

Menurut Dian, dalam kegiatan tersebut ada 3 bangunan bersejarah yang dikunjungi. Yakni, Markas TNI AL Tegal, Gedung DPRD Kota Tegal dan Gedung SCS atau yang lebih dikenal Lawang Satus. 

BACA JUGA:10 Bangunan Sejarah di Kota Tegal yang Eksotis Penuh dengan Kisah Tersembunyi

BACA JUGA: Berbentuk Seperti Kastil, Ternyata Dulunya Gedung Lanal Tegal Merupakan Bangunan Bank

"Dengan memahami cerita dan sejarah yang disampaikan pemandu, diharapkan akan meningkatkan kecintaan peserta terhadap Kota Tegal. Serta bisa menularkan cerita sejarah yang didapat kepada keluarga, saudara maupun masyarakat lainnya," ujarnya.

Dian menambahkan, konsep wisata sejarah juga tengah digagas Disporapar melalui Tegal History Track. Tujuannya, untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kota Tegal.

"Harapannya, melalui konsep tersebut bisa segera diterapkan. Untuk mengenalkan sejarah yang terjadi, kepada masyarakat luas," terangnya.

Pj. Walikota Tegal Dadang Somantri mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab, selain berwisata mengunjungi bangunan-bangunan lama peninggalan masa penjajahan dulu, para peserta juga belajar sejarah yang dulu terjadi di Kota Tegal.

BACA JUGA: Mengenal Gedung Lanal di Tegal, Saksi Pesatnya Kemajuan Industri dan Ekonomi yang Terkenal

BACA JUGA: Berdiri Sejak 1750-an, Ini Keunikkan Balaikota Lawas (Balwas) Kota Tegal yang Kini Berubah Jadi Gedung DPRD

"Kita tentu berharap, kegiatan wisata sejarah termasuk konsep Tegal History Track selain bisa menarik wisatawan, juga bisa meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Termasuk bangga dan cinta dengan Kota Tegal," terangnya.

Sumber: