33 KK Kampung Blangkon Solo Dapat Hunian Layak Gratis, Nana Sudjana: Terdiri dari Rumah 2 Tingkat

33 KK Kampung Blangkon Solo Dapat Hunian Layak Gratis, Nana Sudjana: Terdiri dari Rumah 2 Tingkat

TINJAUAN- Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat meninjau dan menyerahkan sertipikat tanah kepada warga penerima bantuan program Optimis, di Kota Surakarta Selasa, 30 Juli 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

SURAKARTA, radartegal.id - Setelah bertahun-tahun tinggal berdampingan dengan makam yang terbengkalai dan di lingkungan kumuh, sebanyak 33 kepala keluarga (KK) di Kampung Blangkon Kelurahan Serengan Kecamatan Serengan Kota Surakarta mendapatkan bantuan rumah layak huni. 

Salah seorang warga Kampung Blangkon, Nuri, 46 tahun, tidak menyangka dapat memiliki rumah yang layak huni dan berstatus hak milik. Demikian pula warga lain yang kini sudah menempati rumah-rumah tersebut.  

"Kami sangat terbantu dengan bantuan ini. Kami berharap blangkonnya lebih maju, hidup lebih sehat tidak seperti dulu (kumuh)," ucapnya. 

Senada disampaikan Ari Suryani, 39 tahun. Warga RT 2/RW 6 Kelurahan Serengan itu merasa puas dengan perubahan Kampung Blangkon. Sebab, pemukiman tersebut menjadi  rapi, bersih, dan nyaman. 

BACA JUGA: Hadirkan 230 Tenant Pameran, Jateng Fair 2024 Tawarkan Beragam Produk

BACA JUGA: 416 Atlet Renang dari Berbagai Daerah Ikuti Krapprov Jateng Bupati Brebes Cup

Adanya tempat tinggal layak huni itu, berkat bantuan kolaborasi antara Pemrov Jateng dan Pemkot Surakarta melalui program Omah Panel Tingkat Milik Sejahtera (Optimis).

"Ini program kami,  salah satu program dalam rangka program (pengentasan) kemiskinan,  setiap unit ini terdiri dari rumah dua tingkat, ukurannya 4 x 6 meter," tutur Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana usai meninjau dan menyerahkan sertipikat tanah kepada warga penerima bantuan program Optimis, di Kota Surakarta Selasa, 30 Juli 2024.

Banyak pihak yang terlibat dalam penataan  pemukiman kampung tersebut. Pemkot Surakarta menyediakan lahan dan sarana prasarana umum.

Sementara, Pemprov Jateng membiayai pembangunan rumah, Baznas Jateng membantu pembuatan pondasi rumah, BPR/ BKK Surakarta menyediakan kredit mikro untuk pembiayaan tenaga padat karya dan finishing rumah. Selanjutnya BPN yang membantu menerbitkan sertipikat tanah dan PLN yang menyediakan listrik.

BACA JUGA: PJ Gubernur Jateng Dampingi Wapres Resmikan Taman Balekambang Surakarta usai Ditata 17 Bulan

BACA JUGA: 9 Even Specta Jateng Sukses Digelar, Nana Sudjana: Ini Ajang Pemanasan untuk Atlet PON

Sumber: