Tips Perawatan Sepeda Motor Off-road Honda, Performa Tetap Optimal Siap Trabas dan Libas Medan Berat

Tips Perawatan Sepeda Motor Off-road Honda, Performa Tetap Optimal Siap Trabas dan Libas Medan Berat

RUTIN - Tips perawatan motor off-road Honda sebenarnya sanagt mudah dilakukan, jika tak mau merogoh kocek lebih dalam lagi.--

Cara menjaga performa motor off-road Honda agar optimal juga tidak luput dari memperhatikan air filternya. Sebagaimana yang disebutkan tadi, motor off-road lebih cepat dan rentan terpapar debu, kotoran, lumpur, dan sebagainya.

Pastikan Anda membersihkan air filter lebih sering agar kinerjanya masih tetap baik. Anda bisa ganti dengan yang baru jika sudah terlalu kotor. 

3. Oli Mesin

Oli mesin sangat penting untuk melumasi mesin motor off-road yang ekstra kerja keras di medan berat. Anda harus rutin ganti oli sesuai rekomendasi dari pabrikan.

Biasanya, ganti oli dilakukan tiap 1.000 sampai 1.500 kilometer atau lebih tergantung penggunaannya. Mengganti oli secara rutin bisa menjaga performa motor agar tetap prima. 

BACA JUGA: Warna Baru Honda CRF150L Bikin Pecinta Motor Sport Tergoda, Ini Penampakannya

4. Rantai dan Gear

Perawatan khusus motor off-road Honda berikutnya yaitu memperhatikan bagian rantai dan juga gear. Sebab, rantai motor off-road lebih cepat kotor dan aus karena terpapar debu, lumpur, dan benturan.

Pastikan Anda membersihkan rantai secara rutin dan lumasi menggunakan cairan pelumas rantai khusus. Selain itu, periksa kekencangan rantai dan keausan rantai dan gear demi keselamatan berkendara.

4. Sistem Pengereman

Perawatan khusus motor off-road Honda selanjutnya tidak luput dari sistem pengeremannya. Medan jalan yang cukup ekstrem bisa membuat pengereman motor bekerja lebih keras dari biasanya.

Anda harus periksa kampas rem dan minyak rem secara berkala. Gantilah jika kampas rem sudah tipis atau minyak rem kotor.

BACA JUGA: Honda CRF250L, Motor Trabas Teranyar yang Ringan, Anti Slip, dan Cocok untuk Kontur Indonesia

5. Suspensi

Cara menjaga motor off-road agar awet berikutnya perhatikan suspensi kendaraan kesayangan Anda. Suspensi jenis motor ini perlu diperhatikan secara khusus, sebab menahan beban berat saat melintasi medan yang tidak rata. 

Sumber: