Kupat Bongkok Khas Tegal yang Legendaris, Intip Asal Usul dan Cara Pembuatannya

Kupat Bongkok Khas Tegal yang Legendaris, Intip Asal Usul dan Cara Pembuatannya

Kuliner legendaris khas Tegal yaitu Kupat Bongkok--

Serta siapkan lontong, 6 buah kerupuk mie goreng, tauge, 2 sdm kecap manis dan cabai rawit agar menambah sensasi selera pedas saat memakannya.

Untuk membuatnya, siapkan mie kenyol dan bahan lainnya untuk diolah menjadi kupat bongkok khas Tegal. Lalu panaskan dan tumis bumbu halus hingga wangi harum dan masukkan lengkuas, daun salam, lalu tuangkan santan dan beri gula pasir, garam dan aduk hingga mendidih.

Kemudian masukkan kerupuk mie mentah dan aduk hingga mengental dan matang. Tahap selanjutnya panaskan minyak lagi untuk menumis bumbu halus kari tempe bersama serai, lengkuas, dan daun salam.

Dan masukkan potongan tempe aduk hingga merata, tuang air bersama gula pasir dan garam dan masak hingga matang. Sajikan mie kenyol dan lontong pada mangkok siram dengan kuah kari tempe yang sudah dibuat.

Jika sudah beri kecap manis dan kerupuk mie serta rawit kukus, hidangan kupat bongkok khas Tegal kini siap untuk dicicipi.

BACA JUGA: 8 Pilihan Kuliner Khas Tegal 2024 yang Patut Dicoba, Dijamin Lezat dan Bikin Nagih

BACA JUGA: Asal Usul Tahu Pletok Tegal Ternyata Daur Ulang Tahu Aci yang Gak Laku, Kini Kuliner Khas Tegal yang Lezat

Lokasi penjual kupat bongkok 

Bagi para pecinta kuliner yang ingin merasakan kupat bongkok khas Tegal, kuliner legendaris ini dapat ditemukan di sekitaran Alun-alun Kota Tegal atau penjual kaki lima lainnya. Atau Anda dapat menemukannya di kupat bongkok Langganan yang terletak di Jalan Merpati, Pekauman, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal.

Dapat ditemukan juga di Jalan Pemuda, Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur dan Kupat Bongkok Bu Muji yang terletak di Jl. Werkudoro, Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Bagi pecinta kuliner yang ingin mencicipi hidangan khas Tegal yang unik dan lezat, kupat bongkok khas Tegal adalah pilihan yang tepat. Perpaduan rasa gurih, pedas, dan segar, serta keunikan penyajiannya, menjadikan kupat bongkok sebagai hidangan yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Tegal.

Demikian informasi yang kami berikan mengenai kupat bongkok khas Tegal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sumber: