Sedekah Bumi 2024, Ribuan Warga Pesurungan Kidul Kota Tegal Berebut Gunungan Buah dan Sayur

Sedekah Bumi 2024, Ribuan Warga Pesurungan Kidul Kota Tegal Berebut Gunungan Buah dan Sayur

BEREBUT-Ribuan warga sedang berebut gunungan buah dan sayur pada perayaan sedekah bumi 2024 di halaman Kelurahan Pesurungan Kidul, Minggu, 14 Juli 2024. -Meiwan-Radartegal.disway.id

Arak-arakan gunungan sedekah bumi 2024 dimulai pada pukul 08.20 WIB, di Jalan Siuntung. Kemudian Jalan Dewi Sartika, Jalan Wahidin Sudirohusodo, Jalan Abdulghoni dan melewati sebagian wilayah Kelurahan Keturen, karena berbatasan langsung dengan Kelurahan Surdul. 

Arak-arakan gunungan tersebut diarak oleh warga dengan diiringi oleh drum band, kesenian reog, barongan, ibu-ibu PKK, Fatayat NU Surdul serta komunitas budaya dan agama yang ada di wilayah Kelurahan  Surdul.

Arak-arakan gunungan sedekah bumi 2024 kemudian finish di Halaman Kelurahan Surdul. Kemudian warga langsung berebut gunungan tersebut.

BACA JUGA: Warga di Tegal Gelar Sedekah Bumi, RT dan RW Wajib Bawa Gunungan yang Diarak

BACA JUGA: Warga Pesurungan Kidul Tegal Berebut Gunungan Sedekah Bumi

Mereka mempercayai akan ada keberkahan jika mendapatkan dan mengkonsumsi buah atau sayuran tersebut. Karena buah dan sayuran tersebut telah dialiri oleh ayat suci Al Qur’an 30 Juz. 

Ribuan warga Surdul yang memang sudah menunggu sejak pagi berebut gunungan sedekah bumi 2024. Sedikitnya ada empat gunungan yang menjadi rebutan warga.

Sumber: