Harga Jagung di Kabupaten Pemalang Anjlok, per Kilogram Hanya Rp4500

Harga Jagung di Kabupaten Pemalang Anjlok, per Kilogram Hanya Rp4500

PANEN JAGUNG- Petani jagung di Pemalang tengah panen. Saat ini mereka mengeluhkan harga jagung di Pemalang yang anjlok.-Siti Maftukhah-Radartegal.disway.id

"Kalau harga murah terus maka petani rugi, apalagi jagung menumpuk belum laku semua," tambahnya.

Harga jagung pipilan mulai Rp4200 per kilogram

Sementara itu, melalui Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 6 Tahun 2024, telah ditetapkan harga acuan pembelian di tingkat produsen dan harga acuan penjualan di tingkat konsumen untuk jagung, telur ayam ras, dan daging ayam ras.

BACA JUGA: 4.350 Unit Pompa Air Disalurkan ke Jateng Tahun 2024, Nana Sudjana: Ini Akan Membantu Petani

BACA JUGA: 5 Kecamatan Terkaya di Kabupaten Tegal Mayoritas Bekerja Sebagai Petani, PNS, dan Polisi

Adapun dalam beleid dimaksud, jagung pipilan kering dengan Kadar Air (KA) 15 persen di harga Rp 5.000 per kg, KA 20 persen di Rp 4.725 per kg, KA 25 persen di Rp 4.450 per kg, dan KA 30 persen di Rp 4.200 per kg. Lalu untuk jagung pipilan kering di tingkat konsumen/peternak dengan KA 15 persen di Rp 5.800 per kg.

“Kalau Bapak Presiden Jokowi itu memintanya harga yang wajar dan baik di tingkat petani, peternak sampai konsumen. Ini yang harus kita capai bersama-sama. Indonesia punya sekitar 270 juta lebih konsumen, jadi petani dan peternak unggas supaya bisa bersama sokong itu,” ungkap Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi.

Sumber: