Sejumlah Perbedaan Smart TV QLED dan OLED, Asal Pilih Bisa Pengaruhi Kualitas Menonton Lho

Sejumlah Perbedaan Smart TV QLED dan OLED, Asal Pilih Bisa Pengaruhi Kualitas Menonton Lho

Perbedaan Smart TV QLED dan OLED-freepik-

Radartegal.id – Ada sejumlah perbedaan smart TV QLED dan OLED yang harus Anda tahu. Jika Anda saat ini sedang mencari televisi pintar kekinian, Anda harus tahu kedua perbedaan jenis teknologi ini agar tidak salah pilih.

Perbedaan smart TV QLED dan OLED ini memiliki keunggulan tersendiri. Keduanya memang sama-sama menjadi incaran konsumen saat ini.

Namun smart TV QLED dan OLED memiliki perbedaan yang signifikan sehingga berdampak pada kualitas tontonan. Mulai dari teknologi panel yang digunakan, kualitas gambar, sampai karakterisitik pengalaman menonton yang diberikan.

Selengkapnya di bawah beberapa perbedaan smart TV QLED dan OLED yang harus Anda tahu. Pastikan Anda menyimak ulasannya sampai akhir sebagai bahan pertimbangan, serta membantu Anda mencari tahu mana sekiranya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

BACA JUGA: Spesifikasi Smart TV LG 70UQ7070 Resolusi 4K Layar 70 Inci, Televisi yang Cocok untuk Ruangan Besar

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Tipe TV TCL Hemat Listrik, Tak Bikin Tagihan Membengkak

Perbedaan smart TV QLED dan OLED

Dalam mencari smart TV, penting untuk tahu dulu kebutuhan apa yang dicari termasuk apakah TV tersebut termasuk QLED atau OLED. Berikut diantaranya.

1. Teknologi Panel 

QLED menggunakan panel LCD (Liquid Crystal Display) yang ditingkatkan dengan lapisan quantum dot diantara backlight LED. Lapisan quantum dot ini membantu meningkatkan reproduksi warna dan kontras.

Sementara OLED menggunakan panel yang terdiri dari bahan organik yang bisa menghasilkan cahaya sendiri saat diberi daya listrik. Tiap piksel pada OLED bisa nyala mati secara independen, menghasilkan kontras yang sangat tinggi dan hitam yang sangat dalam.

2. Kualitas Gambar 

Perbedaan smart TV QLED dan OLED selanjutnya dari kualitas gambar yang diberikan. OLED dikenal karena kemampuannya menghasilkan warna hitam yang sangat mendalam dan kontras yang tinggi.

Sumber: