Sejumlah Perbedaan Smart TV QLED dan OLED, Asal Pilih Bisa Pengaruhi Kualitas Menonton Lho

Sejumlah Perbedaan Smart TV QLED dan OLED, Asal Pilih Bisa Pengaruhi Kualitas Menonton Lho

Perbedaan Smart TV QLED dan OLED-freepik-

BACA JUGA: Pemilik Wajib Tahu! Ini Pengaruh Radiasi Magnet pada Smart TV

BACA JUGA: Keistimewaan Xiaomi Smart TV A Pro 43 Inch, Jadikan Pengalaman Menonton Makin Luar Biasa

Hal ini karena piksel yang mati tidak menghasilkan cahaya. Warna dan detail pada layar OLED cenderung lebih akurat dan hidup.

Sementara QLED menghasilkan warna yang sangat terang dan jenuh. Meski kontras yang dihasilkan tidak sebaik OLED, teknologi QLED sudah maju untuk mencapai tingkat kontras yang lebih tinggi daripada jenis LCD biasa.

3. Ketajaman dan Respon 

Perbandingan smart TV QLED dan OLED berikutnya dari segi ketajaman dan respon. OLED memiliki waktu respon yang sangat cepat, sehingga membuatnya ideal untuk menampilkan adegan cepat dalam film atau game. 

Biasanya OLED juga memiliki sudut pandang yang lebih baik daripada teknologi lainnya. Di sisi lain, QLED memiliki ketajaman gambar yang baik dan umumnya menawarkan waktu respons yang cepat, meskipun tidak secepat OLED.

BACA JUGA: Didukung Webos 22, Berikut Spesifikasi Smart TV LG UQ75 Resolusi 4K Layar 75 Inci yang Perlu Diketahui

BACA JUGA: Spesifikasi Google TV Hisense U7 Resolusi 4K Layar 65 Inci, Hadirkan Gambar dengan Warna Jernih dan Halus

Kelebihan dan kekurangan

Bedanya smart TV QLED dan OLED cukup signifikan, mulai dari kualitas gambar, teknologi panel, serta ketajaman dan responnya. Namun, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri jika diulas lebih spesifik, berikut diantaranya.

1. OLED

- Kelebihan: Perbedaan Smart TV QLED dan OLED sesuai yang disebutkan dari beberapa sisi tadi memang signifikan. OLED memiliki kontras yang sangat tinggi dan warna hitam yang mendalam.

Waktu responnya juga lebih cepat dan sudut pandang yang luas. Soal desain TV juga lebih tipis karena tidak memerlukan lapisan pencahayaan belakang.

Sumber: