Punya Jargon 'Ora Ngapak Ora Kepenak', Ternyata Begini Asal-Usul Bahasa Ngapak

Punya Jargon 'Ora Ngapak Ora Kepenak', Ternyata Begini Asal-Usul Bahasa Ngapak

Asal-Usul Bahasa Ngapak--

Dalam bahasa Ngapak semua orang dianggap sama saja, tidak memedulikan berasal dari golongan bangsawan atau orang biasa.

Budaya yang mengedepankan kesetaraan ini membuat kekuatan solidaritas dan kerukunan pada masyarakat terjalin erat. Jawa Tengah yang saat itu dikuasai Kesultanan Mataram Islam memiliki kebiasaan untuk menerapkan kedisiplinan perilaku dan bahasa yang dimiliki oleh rakyatnya.

Orang Jawa sendiri mengagungkan pepatah 'bahasa iku busana ning bangsa' yang artinya bahwa bahasa merupakan balutan dari siapa diri kita.

Bahasa Jawa dikenal dengan penuturan bahasa yang tergantung dengan lawan bicaranya. Ketika berbicara dengan orang tua menggunakan bahasa Krama, sedangkan ketika berbicara dengan yang seumuran menggunakan bahasa Ngoko.

BACA JUGA: Unik! Mahasiswa Purwokerto Sosialisasi Prokes ke Pedagang Pasar Pakai Bahasa Ngapak

BACA JUGA: Cek Inflasi Berbahasa Ngapak ala Purwokerto, Ganjar Dicurhati Pedagang Pasar Harga Sayur dan Telor Naik

Lokasi daerah berbahasa Ngapak yang jauh dari pusat kekuasaan membuat budaya yang ada di masyarakat tidak terpengaruh budaya kerajaan.

Masyarakat penutur bahasa Ngapak disebut sebagai 'Adoh Ratu Cedhak Watu' yang artinya jauh dari raja dan dekat dengan batu. Mereka jauh dengan rajanya, baik secara geografis maupun interaksi kebudayaan.

Hal ini membuat kultur bahasa yang dibentuk oleh kerajaan tidak banyak masuk ke wilayah Banyumas dan sekitarnya. 

Bahasa Ngapak yang blak-blakan membuat bahasa Ngapak terkesan kasar, tidak seperti bahasa Jawa pada umumnya yang terkesan halus.

                                          

BACA JUGA: PAN Kabupaten Tegal Launching Program Ngapak

BACA JUGA: Asal Usul Nama Klakson Kendaraan, Merk Dagang dari Bahasa Yunani ke Jalan Raya

Kesimpulan 

Bahasa ngapak terkenal dengan logatnya yang unik, beberapa daerah menggunakan bahasa ngapak sebagai Bahasa keseharian. Namun, siapa sangka dibalik keunikannya Bahasa gapak memiliki sejarah dan asal-usul yang menarik.

Sumber: