Tak Perlu ke Bengkel, Ini 8 Tips Menjaga Rem Motor Supaya Tetap Pakem

Tak Perlu ke Bengkel, Ini 8 Tips Menjaga Rem Motor Supaya Tetap Pakem

8 Tips Menjaga Rem Motor Supaya Tetap Oke Performanya pict-istockphoto--

Kedua, Tips menjaga rem motor yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan pembersihan. Anda bisa membersihkan cakram rem menggunakan cairan pembersih khusus supaya terbebas dari debu dan kotoran.

 

3. Lakukan Penggantian Komponen

Ketiga, Tips menjaga rem motor yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan melakukan penggantian pada komponennya. Untuk itu Anda bisa ganti bagian kampas rem dan jangan tunggu sampai kampas rem tersebut habis. 

4. Pemeriksaan pada Sistem Hidrolik

Keempat, Tips menjaga rem motor yang bisa Anda lakukan lainnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada sistem hidrolik untuk mendeteksi jika terjadi kebocoran.

BACA JUGA: 6 Penyebab Klakson Motor Matic Tidak Berfungsi dan Cara Memperbaikinya

 

BACA JUGA: 4 Perawatan Berkala Sepeda Motor yang Tidak Boleh Dilewatkan, Jangan Abai atau Katakan Bye-bye

5. Penggunaan yang Tepat

Kelima, Tips menjaga rem motor yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakannya secara tepat. Anda bisa gunakan rem secara tepat sesuai dengan fungsinya, hindari penggunaan rem secara berlebihan supaya tidak menimbulkan panas berlebih dan mempercepat keausan pada bagian kampas rem.

6. Pengaturan Rem

Keenam, Tips menjaga rem motor bisa Anda lakukan dengan mengatur rem. Untuk tips yang satu ini, Anda lakukan dengan setel jarak tuas rem sehingga nantinya bisa nyaman digunakan dan responsif.

 

7. Gunakan Pelumas

Sumber: