Jangan Main Usir! Ini Mitos Lebah Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa dan Islam

Jangan Main Usir! Ini Mitos Lebah Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa dan Islam

Lebah masuk rumah memiliki pertanda menurut primbon Jawa--

radartegal.id- Lebah merupakan hewan serangga yang sering hidup berkelompok dan biasanya sarangnya bisa ditemui di pohon kayu, di atas bukit maupun di atap rumah. Namun ketika ada lebah masuk rumah Anda sebaiknya tidak perlu dibunuh.

 

Karena lebah masuk rumah memiliki sebuah pertanda baik. Konon katanya menurut primbon Jawa memiliki pertanda kalau pemilik rumah akan mendapatkan rezeki yang berlimpah.

 

Selain mendapatkan rezeki yang berlimpah, lebah masuk rumah akan memberikan pertanda kalau si pemilik rumah akan mendapatkan berkah karir yang sukses. Bahkan akan menemukan seseorang yang bisa membantu mengembangkan karir kedepannya.

 

Lebah masuk rumah jika ia datang berkelompok memiliki pertanda akan kedatangan tamu. Jumlah lebah yang datang melambangkan jumlah tamu yang akan datang ke rumah.

BACA JUGA: 6 Mitos Seputar Hewan Melata Masuk Rumah, Konon Penghuninya Akan Terkena Suatu Penyakit

BACA JUGA: Mitos Mimpi Dikejar Hantu yang Sering Dikaitkan dengan Kehidupan Nyata, Pertanda Buruk?

Lalu bagaimana lebah masuk rumah menurut pandangan Islam? Apakah pertanda baik atau buruk? Dikutip dari kanal YouTube Dakwah Islam, Berikut ini penjelasan selengkapnya.

 

Lebah masuk rumah menurut Islam 

 

Seperti kita ketahui kalau lebah dapat menghasilkan madu yang bermanfaat bagi manusia. Lebah juga termasuk hewan yang disebutkan di dalam Al Quran bersamaan dengan semut, lalat, kuda, keledai dan domba.

 

Tapi tahukah kamu kalau lebah merupakan hewan yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT. Karena disebutkan di dalam salah satu surat al-qur'an, tidak cuma mimpi lebah masuk rumah menurut Islam dapat mendatangkan kebaikan.

 

Meskipun demikian, kebanyakan orang sering mengusir lebah karena dianggap sangat membahayakan karena sengatannya. Akan tetapi lebah masuk rumah konon katanya menurut mitos yang dipercayai masyarakat lebah dapat memberikan keberuntungan kepada orang-orang di sekelilingnya.

 

Bahkan jika lebah tidak hinggap di satu rumah tertentu melainkan hanya di lingkungan rumah, maka orang-orang sekitarnya tetap mendapatkan kebaikan. Lantas bagaimana menurut pandangan Islam mengenai lebah masuk rumah ini?

BACA JUGA: 7 Tradisi Tradisional Daerah di Indonesia dengan Mitos Tertentu, Ada yang Berhubungan dengan Roh Leluhur

BACA JUGA: 4 Mitos Belalang Masuk Rumah, Benarkah Pertanda Akan Naik Pangkat dan Kaya? Ternyata Begini Menurut Islam

Dari arti dari lebah masuk rumah kendati demikian di dalam Islam tidak ada arti khusus yang menjelaskan terkait lebah masuk rumah. Hanya saja di dalam surat An-Nahl ayat 69 menyebutkan lebah sebagai hewan yang bermanfaat.

 

“ Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman ( madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.

 

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda ( kebesaran Allah SWT) bagi orang-orang yang berpikir”.

 

Lebah termasuk ke dalam jenis hewan yang Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melarang untuk membunuhnya. Dari Ibnu Abbas RA berkata Rasulullah melarang membunuh 4 macam hewan yaitu semut, lebah, burung hud-hud dan burung surat sejenis burung pipit.

 

 Lebah termasuk ke dalam jenis hewan yang Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang untuk membunuhnya dari Ibnu Abbas r a berkata Rasulullah melarang membunuh 4 macam hewan yaitu semut lebah burung hud-hud dan burung surat sejenis burung pipit hadits riwayat abu Dawud dan Ibnu Majah.

BACA JUGA: 7 Mitos Seputar Suara Kokok Ayam, Benarkah Salah Satunya Tanda Akan Datang Keberuntungan?

BACA JUGA: Mitos Menabrak Kucing Sampai Mati, Kerap Dikaitkan dengan Keguguran Bagi Ibu Hamil

Jika lebah datang ke rumah Anda sebaiknya jangan dibunuh dan oleh karena itu sebaiknya kamu mengusir lebah dengan cara halus tanpa menyakitinya. 

Cara  yang dapat kamu lakukan diantaranya memastikan tidak ada celah yang membuat lebah masuk kembali ke dalam rumah.

 

Kemudian kamu juga bisa dengan cara menanam sejumlah tanaman yang kurang disukai lebah, salah satu contohnya seperti mint, citronella dan cengkeh.

 

Demikian pembahasan mengenai lebah masuk rumah menurut primbon Jawa dan Islam. Semoga bermanfaat.

Sumber: youtube