Ini Jadwal Waktu yang Pas Servis Motor Listrik, Apa Bedanya dengan Motor Bensin?

Ini Jadwal Waktu yang Pas Servis Motor Listrik, Apa Bedanya dengan Motor Bensin?

PERAWATAN - Melakukan servis motor listrik rutin sesuai jadwal dapat memastikan motor listrik Anda selalu dalam kondisi terbaik.-freepik-

Kebisingan mesin

  • Motor Listrik: Tidak mengeluarkan suara bising karena tidak ada proses pembakaran.
  • Motor Bensin: Mengeluarkan suara bising akibat proses pembakaran.

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah, Begini Cara Membersihkan Motor Listrik Paling Tepat

BACA JUGA: Ngecas Motor Listrik di Rumah Gak Bisa Asal Colok? Begini Cara Selengkapnya

Perawatan Motor Listrik

Mengikuti tren perawatan terkini sangat penting untuk memastikan motor listrik Anda tetap dalam kondisi prima. Beberapa tren terkini dalam perawatan motor listrik di Indonesia meliputi:

  • Penggunaan teknologi diagnostik

Penggunaan alat diagnostik canggih untuk mendeteksi masalah pada motor listrik semakin populer. Alat ini dapat memantau kondisi baterai, dinamo, dan sistem kelistrikan secara real-time.

  • Servis mobile

Layanan servis mobile yang dapat datang ke lokasi Anda menjadi tren. Ini memudahkan pengguna motor listrik yang sibuk dan tidak sempat pergi ke bengkel.

  • Penggunaan suku cadang ramah lingkungan

Semakin banyak bengkel yang menawarkan suku cadang ramah lingkungan untuk motor listrik. Ini termasuk baterai yang dapat didaur ulang dan komponen lain yang dibuat dari bahan ramah lingkungan.

  • Peningkatan kualitas baterai

Teknologi baterai terus berkembang, menghasilkan baterai dengan daya tahan lebih lama dan waktu pengisian lebih cepat. Ini menjadi tren yang sangat diminati oleh pengguna motor listrik.

BACA JUGA: Harganya Kian Murah usai Disubsidi, Ini Spesifikasi Motor Listrik Polytron Fox R Buatan Kudus

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Motor Listrik Murah Terbaru 2024, Ada yang Bisa Tempuh hingga 50 KM Sekali Cas

Kesimpulan

Merawat motor listrik seperti Honda EM1 e memerlukan perhatian khusus pada beberapa komponen penting seperti baterai, dinamo, dan sistem kelistrikan. 

Melakukan servis motor listrik rutin sesuai jadwal dapat memastikan motor listrik Anda selalu dalam kondisi terbaik. Perbedaan perawatan antara motor listrik dan motor bensin juga harus dipahami untuk memaksimalkan efisiensi dan performa kendaraan. 

Sumber: