24 Juni Coklit Data Pemilih Pilkada 2024 di Tegal Dimulai, KPU Kulo Nuwun dengan Pemangku Wilayah

24 Juni Coklit Data Pemilih Pilkada 2024 di Tegal Dimulai, KPU Kulo Nuwun dengan Pemangku Wilayah

Rakor persiapan coklit data pemilih dalam Pilkada 2024 di Tegal--

TEGAL, radartegal.id - Tidak lama lagi kegiatan pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Tegal akan segera dilaksanakan. Menjelang pelaksanaannya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menggelar kegiatan rakor persiapan Jumat 21 Juni 2024.

Devisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU, Imam Gojali mengatakan pihaknya telah menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Coklit dalam Pilkada Serentak 2024 Kota Tegal. Pada kesempatan itu, pihaknya mengundang camat dan lurah se- Kota Tegal untuk berkoordinasi terkait coklit yang nantinya akan dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

"Kita sudah menggelar kegiatan rakor terkait kegiatan Coklit. Pada Kegiatan tersebut kita juga mengundang para pemangku wilayah seperti Caman dan Lurah," ujarnya. 

Menurut Imam, kegiatan coklit akan berlangsung selama satu bulan, pada 24 Juni- 24 Juli 2024. Karenanya, untuk kesuksesan dan kelancaran Coklit yang merupakan tahapan Pilkada 2024 pihaknya menggelar rakor tersebut.

BACA JUGA: Emak-emak di Tegal dan Remaja Putri Diajak Ikut Awasi Pilkada Serentak 2024

BACA JUGA: ASN Nekat Langgar Netralitas pada Pilkada, Pj Gubernur Jateng Bakal Tindak Tegas

"Kegiatan ini kami mengundang pak lurah, pak camat untuk kulo nuwun. Sebab, nantinya kami Pantarlih akan mengadakan Coklit di wilayah kelurahan masing-masing," katanya. 

Selain itu, kata Imam, rakor tersebut penting, karena nantinya dari lurah juga akan berkoordinasi dengan Ketua RT dan RW terkait data penduduk di wilayahnya. Kemudian, dalam kegiatan rakor juga disampikan teknis Coklit mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan pelaporannya. 

"Pada rakor tersebut, kami juga akan jelaskan gambaran terkait data TPS dan Pantarlih secara keseluruhan," pungkasnya.

Sumber: