Yamaha Gelar Workshop, Kupas Teknologi Canggih Mesin Yamaha NMAX TURBO

Yamaha Gelar Workshop, Kupas Teknologi Canggih Mesin Yamaha NMAX TURBO

--

JAKARTA, radartegal.id – Yamaha menghadirkan NMAX “TURBO” di jajaran skutik MAXi kebanggaannya dengan turut dibarengi berbagai pembaruan di berbagai sektor.

Untuk membuktikan dan memperlihatkan pembaruan tersebut, Yamaha menggelar kegiatan Media Workshop yang berlangsung pada Jumat 21 Juni 2024 di Dealer Yamaha Mekar Motor, Cibinong, Jawa Barat.

Perubahan besar menyasar pada area dapur pacu mengunakan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru dengan teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT) yang  mampu menghadirkan sensasi TURBO saat berkendara.

Selain itu, tampilan desain yang kini terlihat lebih mewah, premium dan sporty, hingga penyematan fitur-fitur first class seperti TFT Infotainment Display dan juga Navigation System yang sangat mendukung aktivitas perjalanan touring jarak jauh.

BACA JUGA: 5 Hal yang Harus Anda Ketahui Soal Skutik Yamaha Nmax Turbo 2024 Terbaru, 'Turbo' Dibagian Mananya?

BACA JUGA: Ini Keunggulan Fitur Yamaha Nmax Turbo 2024 yang Tidak Ada di Varian Lama

Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. Antonius Widiantoro mengatakan, sejak diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat, NMAX “TURBO” sukses menarik perhatian para pecinta skutik premium di tanah air.

Menurut Antonius, tidak hanya viral di media sosial, berbagai pembaruan pada Yamaha NMAX “TURBO” khususnya penggunaan teknologi YECVT di bagian mesin, telah menjadi perbincangan yang menimbulkan rasa penasaran bagi konsumen.

“Untuk menjawab hal itu dan sebagai bentuk edukasi, kami membuat kegiatan workshop bagi media yang membahas tuntas berbagai update pada Yamaha NMAX “TURBO”, termasuk benefit-nya dalam menghadirkan pengalaman berkendara di level tertinggi bagi konsumen,” terang Antonius.

Berikut adalah berbagai sentuhan pembaruan pada Yamaha NMAX “TURBO” terutama dibagian sektor jantung pacu :

BACA JUGA: Mending Pilih New Yamaha NMax Neo atau New Yamaha NMax Turbo? Ini Perbandingan Selengkapnya

BACA JUGA: Daftar Motor Yamaha Terbaru 2024, Tawarkan Performa Tangguh dan Irit BBM

1. Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT)

Perbedaan yang paling menonjol pada mesin NMAX “TURBO” adalah penggunaan teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional, dimana cara kerjanya memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal.

YECVT sendiri bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator serta beberapa Sensor yang mendapatkan garansi 2 tahun dan memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Transmission Control Unit (TCU) : Mengatur pergerakan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU)
  • ECVT Motor : menggerakan Pulley Primary
  • Sensor Motor Position (Primary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU)
  • Speed Sensor (Secondary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU

Dengan penambahan teknologi YECVT pada meisn NMAX “TURBO” membuat skutik ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung kualitas berkendara di level tertinggi, yaitu Riding Mode dengan 2 pilihan berkendara yang meliputi S-Mode (untuk perjalanan jarak jauh atau touring) dan T-Mode (untuk mobilitas perkotaan) serta Y-Shift yang membantu pengendara meningkatkan akselerasi ataupun deselerasi secara instan dalam 3 tingkatan, Low (1), Medium (2) dan High (3).

BACA JUGA: Tawarkan Performa Tangguh dan Desain Sporty, Intip 6 Keunggulan Yamaha Zuma 125 2024

BACA JUGA: Simulasi Kredit Yamaha Aerox 155 Terbaru, DP Mulai 3 Juta Tenor sampai 35 Bulan

2. Body Cylinder

Selain adanya YECVT, mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru pada NMAX “TURBO” kini juga memiliki dinding Cylinder yang dibuat sehalus mungkin (Mirror Bore Cylinder) untuk meminimalisir gesekan dan megurangi “oil loss”. Efeknya suara mesin pun menjadi lebih halus dan minim vibrasi.

3. Crankshaft & Rotor Assy

Perubahan lain pada mesin NMAX “TURBO” juga terdapat pada dimensi Crankshaft secara total yang kini menjadi lebih panjang, yaitu 301,4mm berbanding 283,8mm dengan NMAX generasi sebelumnya. Perubahan ukuran tersebut terjadi untuk mengakomodir komponen baru yaitu YECVT Gear yang terpasang di area CVT motor.

Selain Crankshaft, Rotor Assy motor juga kini menjadi lebih compact baik dari segi dimensi total yang kini berukuran 43,75mm (NMAX sebelumnya 44,2mm) maupun juga bobot yang kini menjadi 1.130 gr (NMAX sebelumnya 1.250 gr). Adanya efisiensi pada bagian rotor assy pun mampu mengurangi beban mesin sehingga berimbas positif kepada torsi yang naik.

4. Camshaft

Bagian Camshaft pada NMAX “TURBO” juga turut mendapat sentuhan pembaruan. Jika pada generasi NMAX sebelumnya pin dowel yang berfungsi sebagai dudukan sprocket cam chain dibuat terpisah, kini menjadi satu kesatuan (build in) dengan Camshaft. Efeknya menjadi lebih rigid sehingga lebih minim gesekan.

5. Hydraulic Tensioner

Salah satu perubahan pada mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang dipakai oleh NMAX “TURBO” ada pada bagian tensioner. Jika pada mesin generasi sebelumnya gate stopper (bantalan untuk menekan rantai keteng) hanya ditekan oleh per dan tuas, kali ini proses penekanan dilakukan degan mengkombinasikan per dan juga oli, atau disebut dengan istilah Hydraulic Tensioner. Penggunaan Hydraulic Tensioner, membuat kinerja mesin menjadi lebih minim vibrasi dan suara lebih halus saat beroperasi.

6. Jalur Oli Baru

Salah satu perubahan signifikan pada mesin NMAX “TURBO” adalah jalur oli baru. Pada mesin NMAX sebelumnya, jalur oli hanya untuk menyuplai pelumasan di bagian Cylinder Head dan Cylinder Body saja, namun kini ditambah ke bagian Hydraulic Tensioner dan juga komponen YECVT Gear. Dengan adanya jalur oli baru ini, maka desain Crankcase menjadi berbeda dengan mesin Blue Core 155cc yang digunakan oleh skutik MAXi Yamaha lainnya.

Sumber: