4.350 Unit Pompa Air Disalurkan ke Jateng Tahun 2024, Nana Sudjana: Ini Akan Membantu Petani

4.350 Unit Pompa Air Disalurkan ke Jateng Tahun 2024, Nana Sudjana: Ini Akan Membantu Petani

TINJAUAN- Pj Gubernur Nana Sudjana saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada Rabu, 19 Juni 2024 meninjau penyaluran bantuan pompa-Istimewa-Radartegal.disway.id

"Adanya pompa ini yang sebelumnya ada yang panen satu kali nanti bisa panen dua kali, dan yang sebelumnya dua kali menjadi tiga kali," kata Jokowi.

Di Kabupaten Semarang, bantuan mesin pompa air yang diberikan sebanyak 47 unit. Termasuk satu unit mesin pompa air di Desa Kalibeji Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang yang dapat mengairi sawah seluas 77 hektare. 

Salah seorang petani di Desa Kalibeji, Sahrun mengaku senang dengan bantuan pompa air dari pemerintah pusat untuk para petani di desanya.

"Kami sangat berterimakasih, karena nanti bisa untuk mencukupi kebutuhan pengairan sawah di daerah ini," katanya.

Selama ini, lahan seluas 77 hektare di desanya sering mengalami kekurangan air. Sehingga bantuan pompanisasi ini dapat membantu meningkatkan produktivitas petani. 

Dengan pompa tersebut, produktivitas panennya meningkat  dari yang sebelumnya sebanyak 8 kuintal per hektare menjadi minimal 9 kuintal per hektare. 

"Harapannya nanti panen meningkat, penghasilan petani lebih layak, dan Indonesia bisa swasembada beras," harap Sahrun. (*)

Sumber: