7 Penyebab yang Membuat Rem Motor Skutik Blong dan Sering Terjadi, Perhatikan Lagi Teknik Pengeremannya

7 Penyebab yang Membuat Rem Motor Skutik Blong dan Sering Terjadi, Perhatikan Lagi Teknik Pengeremannya

7 penyebab rem motor skutik blong-freepik-

Radartegal.id – Artikel ini membahas 7 penyebab yang membuat rem motor skutik blong dan cukup sering terjadi. Hal ini penting diketahui oleh para pemilik kendaraan skuter matic agar keselamatan berkendara di jalan terjaga.

Penyebab rem motor skutik blong ini merupakan hal-hal umum yang biasanya dialami pemilik kendaraan terkait. Ada beberapa perilaku yang tanpa sadar bisa membuat kualitas remnya menjadi menurun bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Salah satu penyebab rem motor skutik blong yaitu karena teknik pengereman yang salah. Terutama ketika melintasi jalan turunan yang cukup panjang, pengendara biasanya cenderung menekan rem terlalu lama hingga memicu overheat.

Selain itu, di bawah ini 7 penyebab yang membuat rem motor skutik blong dan paling umum terjadi. Pastikan Anda menyimak ulasannya sampai akhir agar tidak melakukan kesalahannya.

BACA JUGA: Gak Perlu ke Bengkel! Ini 7 Tips Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

BACA JUGA: Tampilan Anyar dengan Ring 12 Inch, Honda BeAT Street 2024 Punya Desain Lebih Macho dari Sebelumnya

7 Penyebab rem motor skutik blong

Di bawah ini beberapa hal yang membuat rem skuter matic blong dan cukup sering dialami sebagian pengguna. Berikut diantaranya.

1. Kualitas Rem dan Sistem Pengereman 

Penyebab pertama biasanya kualitas rem yang kurang atau sistem pengereman yang tidak optimal. Biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti keausan pada kampas rem, cakram rem yang terlalu halus atau terlalu kasar.

Bisa juga ada masalah pada sistem hidrolik yang bocor atau tidak bekerja dengan baik. Itulah mengapa rem tidak bisa berfungsi dengan optimal dan responsif.

2. Penggunaan Peralatan Rem yang Tidak Sesuai 

Penyebab rem motor skutik blong selanjutnya yaitu karena penggunaan kampas atau cakram rem yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor. Meski sering disepelekan, namun hal ini membuat performa pengereman yang buruk dan akhirnya rem blong.

Sumber: