Teknologi Transfer Port Injection pada Motor 2 Tak, Konsumsi Bahan Bakar Jadi 50 Persen Lebih Rendah

Teknologi Transfer Port Injection pada Motor 2 Tak, Konsumsi Bahan Bakar Jadi 50 Persen Lebih Rendah

Teknologi TPI pada motor dua tak diterapkan pada salah satu motor pabrikan KTM.-(Foto Pinterest)----

Radartegal.id - Hai, para pecinta otomotif! Buat generasi sekarang, motor 2 tak mungkin terdengar ketinggalan zaman. Namun, ada juga yang menyebut motor 2 tak adalah bagian dari nostalgia masa lalu yang penuh adrenalin. 

Kabar menariknya, teknologi Transfer Port Injection atau TPI mulai diterapkan pada motor 2 tak. Hal itu digadang-gadang bakal menghidupkan kembali era kejayaan motor tersebut.

Lalu, seperti apa sebenarnya teknologi tersebut pada motor 2 tak terbaru? Yuk, kita bahas lebih lanjut mengenai teknologi yang sedang menjadi perbincangan hangat ini!

Apa Itu Teknologi TPI?

Teknologi TPI atau Transfer Port Injection adalah inovasi yang dirancang untuk mesin 2 tak. Secara sederhana, TPI adalah sistem injeksi yang mengatur campuran bahan bakar dan udara secara lebih efisien dibandingkan dengan karburator konvensional.

Teknologi ini telah dikembangkan oleh KTM, perusahaan yang terkenal dengan motor garuk tanah atau dirt bike mereka.

BACA JUGA: Teknologi Yamaha NMAX Turbo 2024 Ini Bikin Kompetitor Melongo, Bisa Seting Mesin dengan Satu Jempol

BACA JUGA: Kukuhkan Dominasi, New Honda Vario 125 Tawarkan Daya Tarik Visual Memukau dan Teknologi Mesin yang Tangguh

Menurut rangkuman @BobSantra dalam video short YouTube-nya, TPI menggunakan dua injektor dan pompa oli samping terpisah. Hal yang membuatnya istimewa adalah kontrol yang diatur lewat ECU (Electronic Control Unit), sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih irit hingga 50%, dan oli samping tiga kali lebih irit dibandingkan dengan teknologi konvensional. Menariknya, dengan teknologi ini, tenaga yang dihasilkan justru lebih besar!

Keunggulan TPI

  • Efisiensi Bahan Bakar

Salah satu keunggulan utama TPI adalah efisiensinya. Dalam pengujian, motor dua tak dengan teknologi TPI menunjukkan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah hingga 50%. Ini tentunya menjadi kabar baik, terutama bagi mereka yang sering berkendara jarak jauh atau di medan berat.

  • Penggunaan Oli yang Lebih Hemat

Tidak hanya bahan bakar, oli samping juga digunakan lebih efisien. Dengan TPI, penggunaan oli samping bisa tiga kali lebih irit. Hal ini tidak hanya mengurangi biaya operasional tetapi juga membantu mengurangi emisi polutan.

  • Tenaga yang Lebih Besar

Sumber: