Berdiri Sejak 1750-an, Ini Keunikkan Balaikota Lawas (Balwas) Kota Tegal yang Kini Berubah Jadi Gedung DPRD

Berdiri Sejak 1750-an, Ini Keunikkan Balaikota Lawas (Balwas) Kota Tegal yang Kini Berubah Jadi Gedung DPRD

Sejarah balaikota lawas kota tegal yang sekarang menjadi gedung DPRD--

Penetapan Tegal menjadi bagian karesidenan Pekalongan ditetapkan dalam Staatsblad 170/1905, Aantoonede de administratie ve Indeeling de Residentie Pekalongan, tertanggal 28 Februari 1905.

Pasca kemerdekaan tahun 1950an, bangunan ini difungsikan sebagai Balaikotapraja Tegal. Sedangkan untuk Kabupaten Tegal berada di Pendopo Alun-alun Kota Tegal sekarang. Sebelum nantinya pindah ke Slawi.

Perubahan fungsi kembali terjadi di tahun 1987 diubah menjadi gedung DPRD, sedangkan Balai Kota dipindah ke lokasi saat ini di Pendopo Ki Gede Sebayu, Selatan Alun-Alun Kota Tegal. 

Sementara Pemerintah Kabupaten berpindah ke sisi selatan Kota Tegal, tepatnya di kecamatan Slawi yang dijadikan ibukota Kabupaten Tegal.

BACA JUGA: Sudah Ada Sejak Zaman Mataram, Ternyata Ini Sejarah Kelurahan Bandung Kimpling Tegal yang Jarang Diketahui

BACA JUGA: Sejarah Tari Topeng Endel Tegal, Sudah Ada Sejak Zaman Majapahit sebagai Simbol Penobatan Raja

                                 

Kesimpulan

Sejarah balaikota lawas ini menjadi saksi bahwa tegal pernah menjadi Ibu Kota Karesidenan sekaligus Ibu Kota Kabupaten pada era Kolonial. Sebuah bangunan megah berwarna putih dengan empat pilar khas kolonial berdiri di area Balai Kota Lama Kota Tegal, bangunan tersebut kini menjadi Gedung DPRD Kota Tegal.

Demikian informasi mengenai sejarah balaikota lawas kota tegal, semoga bermanfaat.

Sumber: