Sederet Perbedaan Kompresor AC Mobil Hybrid dan Listrik, Lebih Efisien Mana Ya?

Sederet Perbedaan Kompresor AC Mobil Hybrid dan Listrik, Lebih Efisien Mana Ya?

Ilustrasi. Perbedaan kompresor AC mobil hybrid dan listrik-freepik-

2. Mobil Hybrid

- Perbedaan kompresor AC mobil hybrid dan listrik soal sumber dayanya tentu berbeda. Jika mobil listrik hanya dapat dari baterai utama, mobil hybrid mendapatkan daya dari dua sumber mesin pembakaran internal dan baterai listrik.

- Ketika mobil hybrid ada dalam mode listrik, kompresor AC akan menggunakan daya dari baterai listrik. Berbeda ketika mesin pembakaran di dalam aktif.

Saat mesin pembakaran internal aktif, maka kompresor AC beralih menggunakan daya yang dihasilkan oleh mesin tersebut, maupun dari sistem kelistrikan mobil yang mendapat daya dari mesin tersebut.

- Untuk bedanya kompresor AC mobil hybrid dan listrik soal pengoperasiannya juga berbeda. Pada mobil hybrid, kompresor AC lebih fleksibel karena bisa menggunakan dua sumber daya, yaitu baterai dan mesin pembakaran internal. 

BACA JUGA : Yuk Cari Tahu! Apakah Ganti Baterai Mobil Listrik Bisa Diterapkan?

BACA JUGA: Ini Dia Jenis-Jenis Mobil Hybrid di Indonesia, Emang Ada Bedanya?

Tentu hal ini mempengaruhi efisiensi energi dan kinerja mobil tergantung pada cara kompresor AC dikonfigurasi oleh produsen. Beda dengan mobil listrik tadi yang mempengaruhi jarak tempuhnya karena baterai berkurang seiring penggunaan AC.

Tips perawatan AC mobil

Perbedaan kompresor AC mobil hybrid dan listrik terletak pada sumber daya dan pengoperasiannya. Namun, selain itu ada juga perbedaan lain seperti desain dan konfigurasi spesifik kompresor AC untuk memenuhi kebutuhan.

Tidak luput juga dengan karakteristik unik dari mobil listrik dan hybrid masing-masing. Misalnya, desain kompresor AC pada mobil listrik mungkin lebih dioptimalkan untuk efisiensi energi dan kinerja pada tegangan rendah dari baterai listrik.

Sementara untuk bedanya perawatan kompresor AC mobil hybrid dan listrik secara umum bisa Anda lakukan, seperti pembersihan kondensor, filter udara, serta jangan lupakan bagian selang dan koneksinya.

BACA JUGA : Tantangan dan Keuntungan Mobil Listrik Menurut Fitra Eri, Nomor 4 Pasti Nggak Nyangka

BACA JUGA: Yakin Gak Akan Korsleting? Ikuti Tes Ketahanan Mobil Hybrid Saat Terjang Genangan Banjir, Ternyata...

Sumber: