5 Trik yang Harus Anda Lakukan Ketika DC Lapangan Datang ke Rumah, Saran Langsung dari Mantan DC

5 Trik yang Harus Anda Lakukan Ketika DC Lapangan Datang ke Rumah, Saran Langsung dari Mantan DC

5 Trik yang Harus Anda Lakukan Ketika DC Lapangan Datang Ke Rumah, Saran Langsung dari Mantan DC--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

Radartegal.id - DC lapangan, menjadi salah satu masalah besar yang akan dihadapi nasabah pinjol ketika telat bayar tagihan. Biasanya debt collector (DC) lapangan akan langsung mendatangi lokasi nasabah apabila nasabah terindikasi telat bayar.

Cara penagihan langsung yang dilakukan debt collector lapangan pun biasanya bermacam-macam. Ada yang menagih secara baik-baik, namun ada juga yang menagih dengan cara yang kasar.

Nah cara penagihan yang kasar inilah yang sering ditakutkan para nasabah pinjol yang telat bayar. Tidak jarang para DC melakukan penagihan yang kasar bahkan sampai melakukan intimidasi hingga sebar data.

Untuk menghadapi debt collector yang datang ke rumah memang diperlukan mental yang kuat dan cara berkomunikasi yang baik. Namun Anda tidak perlu khawatir, dengan menerapkan 5 tips ini Anda bisa berkomunikasi baik dengan DC.

BACA JUGA: Hati-hati Pinjam Uang di Aplikasi Pinjol Multifinance, Konsepnya Berbeda dengan Pinjol Biasa

BACA JUGA: Jangan Sekali-kali Mencoba, Ini Daftar 10 Aplikasi Pinjol Ilegal Terbaru Juni 2024 yang Sebaiknya Dihindari

Lakukan 5 trik ini apabila DC lapangan datang ke rumah

Mengutip informasi dari salah satu video milik chanel YouTube @Bang Apri TV, ia menjelaskan ada 5 hal yang bisa dilakukan ketika DC datang kerumah. Menurutnya informasi ini ia dapat dari mantan orang yang pernah bekerja sebagai DC sebelumnya.

1. Kenali Terlebih Dahulu Identitas DC

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenai kedatangan DC ketika datang ke rumah Anda. Anda bisa menanyakan surat resmi atau sertifikat yang biasanya dibawa DC untuk membuktikan bahwa mereka adalah petugas resmi yang bekerja sama dengan pinjol.

Apabila DC hanya membawa berkas pribadi seperti KTP dan lain sebagainya tanpa surat resmi penagihan, ini sudah termasuk pelanggaran. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut terhadap intimidasi mereka.

2. Sepelekan Ancaman yang Dilontarkan DC

Ancaman biasanya dilontarkan oleh debt collector lapangan untuk membuat Anda takut. Intimidasi yang dilontarkan DC biasanya berupa penyebaran informasi kepada tetangga, gertakan, atau yang lainnya.

BACA JUGA: 15 Pinjol Legal OJK yang Sekarang Sudah Punya DC Lapangan Menyebar di Seluruh Indonesia

Sumber: