Penggunaan FWD pada Mobil Marak, Ternyata Ini Penyebabnya

Penggunaan FWD pada Mobil Marak, Ternyata Ini Penyebabnya

Efisiensi ruang termasuk salah satu mengapa maraknya mobil FWD saat ini.-(Gambar Pinterest)----

Keunggulan lain dari maraknya penggunaan FWD pada mobil modern adalah efisiensi ruangnya. Dengan semua komponen penggerak utama ditempatkan di depan, bagian belakang mobil bisa dimanfaatkan lebih optimal. Ini berarti mobil FWD sering kali memiliki ruang bagasi yang lebih besar dibandingkan dengan mobil RWD. 

BACA JUGA: 5 Keunggulan Mobil Civic Turbo 2024, Tenaga Mesinnya Sangat Powerfull dengan Desain yang Modern

BACA JUGA: Tantangan dan Keuntungan Mobil Listrik Menurut Fitra Eri, Nomor 4 Pasti Nggak Nyangka

Bagi keluarga atau siapa pun yang sering membutuhkan ruang ekstra untuk barang bawaan, ini adalah keuntungan yang sangat penting.

Biaya Produksi dan Perawatan yang Lebih Rendah

Dari sisi produsen, FWD lebih murah untuk diproduksi. Karena memiliki lebih sedikit komponen yang kompleks dibandingkan dengan RWD, biaya produksi bisa ditekan.

Selain itu, karena desainnya yang lebih sederhana, mobil FWD cenderung memiliki biaya perawatan yang lebih rendah. Hal ini tentu menjadi nilai tambah yang signifikan bagi konsumen, yang bisa menghemat uang dalam jangka panjang.

Stabilitas dan Pengendalian yang Lebih Baik di Kondisi Tertentu

Mobil FWD juga dikenal memiliki stabilitas yang lebih baik terutama di kondisi jalan yang licin atau berair. Karena beban mesin dan transmisi berada di atas roda penggerak depan, mobil FWD cenderung memiliki traksi yang lebih baik. 

BACA JUGA: Volvo XC90, Mobil Teraman di Dunia dengan Fitur Canggih dan Desain Premium

BACA JUGA: Mobil Neta V, Kualitas Sekelas Tesla Harga Layaknya Wuling Almaz

Ini membuat pengendalian mobil lebih aman dan stabil, terutama saat berkendara di kondisi cuaca buruk.

Kesan Berkendara yang Nyaman

Banyak pengemudi yang merasa bahwa mobil FWD memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan mudah dikendalikan. Karena roda depan menarik mobil ke depan (bukan mendorongnya seperti pada RWD), pengemudi bisa merasakan kendali yang lebih responsif dan ringan saat berbelok. 

Sumber: