Penggunaan FWD pada Mobil Marak, Ternyata Ini Penyebabnya

Penggunaan FWD pada Mobil Marak, Ternyata Ini Penyebabnya

Efisiensi ruang termasuk salah satu mengapa maraknya mobil FWD saat ini.-(Gambar Pinterest)----

Radartegal.id - Ketika berbicara tentang mobil, satu hal yang mungkin tidak semua orang tahu adalah jenis penggerak yang digunakan. Salah satu jenis yang semakin populer adalah penggunaan FWD pada mobil yang kian marak.

FWD (Front-Wheel Drive) atau penggerak roda depan memang banyak diminati saat ini. Tentu kita jadi penasaran, mengapa penggunaan FWD pada mobil marak.

Banyak produsen mobil saat ini beralih ke FWD? Apa yang membuat penggunaan FWD pada mobil begitu menarik bagi konsumen dan produsen? 

Mengutip pada salah satu video short dari channel YouTube @BOtomotif, mari kita telusuri beberapa alasan di balik maraknya penggunaan FWD pada mobil modern.

Efisiensi yang Lebih Tinggi

Salah satu alasan utama mengapa penggunaan FWD pada mobil modern modern terkait dengan efisiensinya yang lebih tinggi dibandingkan dengan Rear-Wheel Drive (RWD). Mobil FWD memiliki lebih sedikit komponen yang bergerak, yang berarti lebih sedikit energi yang hilang akibat gesekan dan keausan. 

BACA JUGA: Keunggulan Transmisi CVT pada Mobil, Benarkah Lebih Irit Dibanding yang AT?

BACA JUGA: Yuk Cari Tahu! Apakah Ganti Baterai Mobil Listrik Bisa Diterapkan?

Hal ini membuat FWD lebih hemat bahan bakar, yang tentunya menjadi keuntungan besar bagi konsumen yang ingin menekan biaya operasional sehari-hari.

Desain yang Praktis dan Mudah Dirawat

Desain FWD memungkinkan mesin dan transmisi ditempatkan di depan, langsung di atas roda penggerak. Ini tidak hanya membuat mobil lebih mudah dan murah untuk dirakit, tetapi juga memudahkan dalam hal pemeliharaan dan perbaikan. 

Pengaturan ini memungkinkan akses yang lebih mudah ke komponen utama, yang bisa mengurangi waktu dan biaya yang dihabiskan di bengkel. Makanya jangan heran jika penggunaan FWD pada mobil modern menjadi semakin marak.

Hemat Ruang

Sumber: