Keunggulan Transmisi CVT pada Mobil, Benarkah Lebih Irit Dibanding yang AT?

Keunggulan Transmisi CVT pada Mobil, Benarkah Lebih Irit Dibanding yang AT?

Berikut perbandingan keunggulan Transmisi CVT dengan Transmisi AT.-(Ilustrasi Pinterest)----

Radartegal.id - Kalau kalian penggemar otomotif dan lagi bingung mau beli mobil dengan transmisi CVT atau AT, artikel ini pas banget buat kalian. Kali ini kita bakal bahas tuntas tentang keunggulan transmisi CVT yang sering bikin banyak orang jatuh hati. 

Mengutip dari salah satu video di channel YouTube @ZeroneJapan, berikut ini adalah beberapa keunggulan utama transmisi CVT yang wajib kalian tahu.

1. Irit Bahan Bakar

Salah satu alasan utama kenapa banyak orang memilih mobil dengan transmisi CVT adalah karena lebih irit bahan bakar. Dengan sistem yang terus menerus menyesuaikan rasio gigi untuk kondisi berkendara yang optimal, mesin bisa bekerja lebih efisien.

Ini artinya, kalian bisa menghemat uang untuk beli bahan bakar dan tentunya lebih ramah lingkungan. Siapa sih yang nggak mau hemat?

BACA JUGA: Honda HR-V SE SUV Sporty dengan Transmisi CVT Responsif dan Fitur Honda SENSING

BACA JUGA: 7 Masalah Umum yang Biasa Terjadi di Mobil Transmisi Manual, Ketahui Dulu Sebelum Beli

2. Umur Kampas Rem Lebih Panjang

Nah, yang satu ini mungkin nggak banyak orang tahu. Keunggulan transmisi CVT punya sistem engine brake yang lebih baik dibandingkan transmisi lain. Apa itu engine brake?

Secara sederhana, ini adalah fitur yang memungkinkan mesin membantu memperlambat kendaraan, jadi nggak cuma mengandalkan rem saja. Hasilnya? Kampas rem kalian bisa lebih awet dan jarang diganti. Hemat lagi, kan?

3. Performa Halus dan Smooth

Kalau kalian suka mobil yang nyaman dan halus saat dikendarai, CVT adalah pilihan yang tepat. Transmisi CVT terdiri dari dua puli dan sabuk baja yang memungkinkan perpindahan gigi berjalan mulus tanpa hentakan.

Rasanya seperti meluncur di atas jalanan tanpa ada gangguan. Sangat ideal buat kalian yang sering berkendara di kota dengan lalu lintas yang padat.

Sumber: