Penjelasan Ilmiah Mitos Orang Mati Suri, Kenapa Orang Bisa Kembali Hidup?

Penjelasan Ilmiah Mitos Orang Mati Suri, Kenapa Orang Bisa Kembali Hidup?

Ilustrasi dari mitos orang mati suri.-(Ilustrasi Pinterest)----

Radartegal.id - Mati suri, atau dalam istilah medis dikenal sebagai Lazarus Syndrome, adalah fenomena yang penuh misteri. Mitos orang mati suri hingga saat ini menjadi sesuatu yang susah dijelaskan.

Bagaimana mungkin seseorang yang sudah dianggap meninggal dunia bisa kembali hidup? Apakah ini hanya mitos, atau ada penjelasan ilmiah di baliknya? Mari kita jelajahi lebih dalam tentang mitos orang mati suri.

Apa Itu Mati Suri?

Mati suri adalah kondisi di mana seseorang yang telah dinyatakan meninggal oleh tenaga medis tiba-tiba menunjukkan tanda-tanda kehidupan kembali. Kondisi ini bisa sangat membingungkan dan mengejutkan, baik bagi keluarga pasien maupun tenaga medis yang merawatnya.

Nama "Lazarus Syndrome" sendiri diambil dari kisah Lazarus dalam Alkitab yang dibangkitkan oleh Yesus setelah empat hari meninggal.

BACA JUGA: 7 Hewan yang Mitosnya Dikaitkan dengan Kematian, Ada yang Bisa Mengontrol Arwah?

BACA JUGA: Mitos Tokek Tanda Gempa Bumi? Ini Daerah-daerah yang Mempercayainya

Bagaimana Mati Suri Terjadi?

Menurut @Kevindikmanto2 di channel YouTube-nya, ada beberapa alasan mengapa seseorang bisa mengalami mati suri:

  • Penumpukan udara saat CPR

Saat seseorang mengalami henti jantung dan dilakukan CPR (Cardiopulmonary Resuscitation), udara dapat terjebak di dalam tubuh. Penumpukan udara ini bisa memberikan tekanan yang cukup untuk memicu kembali fungsi jantung dan pernapasan.

  • Efek obat yang tertunda

Beberapa obat yang diberikan resusitasi bisa memiliki efek tertunda. Misalnya, obat-obatan yang meningkatkan tekanan darah atau merangsang aktivitas jantung setelah resusitasi dan bisa menyebabkan jantung kembali berdetak.

  • Defibrilasi

Defibrilasi, atau penggunaan alat kejut listrik pada jantung, bisa memberikan dorongan yang cukup untuk memulai kembali aktivitas jantung yang berhenti sementara.

BACA JUGA: 6 Mitos tentang Gunung Agung di Bali, Salah Satunya Dipercaya Jadi Pusat Kosmik oleh Umat Hindu

Sumber: