Kesalahan Umum Penggunaan AC yang Wajib Dihindari, Tips Agar AC Anda Tetap Awet dan Hemat Listrik

Kesalahan Umum Penggunaan AC yang Wajib Dihindari, Tips Agar AC Anda Tetap Awet dan Hemat Listrik

Berikut ini kesalahan umum penggunaan AC yang sering dilakukan dan mengakibatkan kerusakan.-(Ilustrasi Pinterest)----

radartegal.id - Hai, sobat! Apakah kamu sering menggunakan AC di rumah atau di kantor? AC atau air conditioner memang sudah menjadi kebutuhan penting, apalagi di negara tropis seperti Indonesia. 

Namun, tahukah kamu bahwa banyak orang melakukan kesalahan umum penggunaan AC yang bisa berakibat fatal? Yuk, kita bahas lebih dalam agar AC kamu tetap awet dan hemat listrik!

1. Menggunakan AC dengan Kapasitas Kecil di Ruangan Besar

Salah satu kesalahan paling umum adalah memilih AC dengan kapasitas yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan. Banyak orang berpikir bahwa semua AC sama saja, padahal tidak demikian. AC memiliki kapasitas yang diukur dalam BTU (British Thermal Unit), dan kapasitas ini harus disesuaikan dengan ukuran ruangan.

Misalnya, jika kamu memiliki ruangan besar, kamu membutuhkan AC dengan kapasitas besar pula. Menggunakan AC dengan kapasitas kecil di ruangan besar hanya akan membuat AC bekerja lebih keras dan tidak efisien.

BACA JUGA: 5 Nilai Plus AC Daikin FTC15NV14, Ramah Lingkungan dengan Konsumsi Daya yang Rendah

Ini bukan hanya membuat ruangan tidak cukup dingin, tapi juga memperpendek umur AC dan meningkatkan konsumsi listrik. Jadi, pastikan kamu memilih AC dengan kapasitas yang tepat, ya!

2. Langsung Menyetel Remote AC ke Suhu Terendah

Kesalahan berikutnya yang sering terjadi adalah langsung menyetel remote AC ke suhu paling rendah begitu dinyalakan. Mungkin kamu berpikir bahwa dengan melakukan ini, ruangan akan lebih cepat dingin. Sayangnya, cara ini justru membuat AC bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Akibatnya, AC bisa cepat rusak dan boros listrik.

Cara yang benar adalah menyetel suhu secara bertahap. Mulailah dengan suhu yang tidak terlalu rendah, lalu turunkan secara perlahan hingga mencapai suhu yang diinginkan. Dengan cara ini, AC akan bekerja lebih efisien dan lebih lama umur pemakaiannya.

3. Menghidupkan dan Mematikan AC Secara Mendadak

Menghidupkan dan mematikan AC secara mendadak atau spontan juga merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Ketika kamu sering menyalakan dan mematikan AC dalam waktu singkat, kompresor AC akan bekerja lebih keras dan lebih sering. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor dan komponen lainnya.

BACA JUGA: Bikin Sumpek! Ini Penyebab AC Mengalami Kebocoran, Perbaiki Segera Sebelum Kerusakan Semakin Parah

Sumber: