Ki Adem dan Nyi Ayem Jadi Maskot Pilkada Brebes, Jingle Baru Ikut Diluncurkan

Ki Adem dan Nyi Ayem Jadi Maskot Pilkada Brebes, Jingle Baru Ikut Diluncurkan

Maskot Pilkada Brebes diperkenalkan KPU Brebes ke masyarakat umum.(Istimewa)--

BREBES, RADARTEGAL.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes resmi meluncurkan maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Brebes 2024. Maskot Pilkada Brebes tahun ini yakni Ki Adem dan Nyi Ayem.

Selain memperkenalkan maskot Pilkada Brebes, KPU juga meluncurkan jingle Pilkada Brebes yakni 'Brebes Memilih'. Jingle tersebut diciptakan oleh Didi lukmansyah.

Peluncuran maskot Pilkada Brebes dan jingle-nya itu merupakan rangkaian dari tahapan tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2024. Di mana, Pilkada Brebes bakal digelar pada November mendatang.

Maskot Pilkada Brebes Ki Adem dan Nyi Ayem, merupakan hasil karya Gagah Wicaksono dari Bumiayu. Pemenang lomba kedua ini menerima penghargaan langsung dari KPU Kabupaten Brebes. 

BACA JUGA: Jalak Suren Dipilih Jadi Maskot Pilkada Kota Tegal 2024

BACA JUGA: Jalak Suren Dipilih Jadi Maskot Pilwalkot Tegal 2024, Ini Filosofinya

Dalam hak ini, maskot tersebut memiliki filosofi tersendiri. Yakni, Ki Adem dan Nyi Ayem adalah sebuah maskot dari fauna yang tidak asing bagi warga Brebes yaitu Blengong. Merupakan salah satu fauna penghasil sate blengong, sebuah makanan khas dari Brebes yang sudah mendunia. 

Kemudian, di maskot Pilkada Brebes tersebut terdapat beskap atau pakaian khas Brebes. Serta menggunakan batik selempang khas Brebes.

Maskot Pilkada Brebes tersebut dimaknai agar semua masyarakat selalu bangga dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia berkualitas yang mampu membawa nama Brebes di kancah Indonesia bahkan Dunia. 

Ki Adem dan Nyi Ayem merupakan sebuah harapan bagi Pilkada Brebes supaya dalam memilih Kepala Daerah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati, rakyat bisa memilih tanpa adanya intimidasi dan Pilkada Brebes aman serta damai.

BACA JUGA: Maskot dan Jingle Pilkada 2024 Mulai Dirumuskan, KPU Kota Tegal Gandeng Akademisi dan Penyair

BACA JUGA: Si Sakti Diluncurkan Ganjar Bareng Logo dan Maskot Porprov Jawa Tengah ke XVI Tahun 2023

Ketua KPU Brebes Manja Lestari Damanik, menjelaskan maskot Pilkada Brebes tersebut melambangkan harapan agar di Pilkada Brebes 2024 nanti bisa berjalan aman dan lancar. Serta tanpa intimidasi, sehingga rakyat dapat memilih kepala daerah yang sesuai dengan harapan mereka. 

Sumber: