Kisah Mistis Para Ratu Gaib di Indonesia yang Terkenal Memiliki Kekuatan Sakti yang Tak Tertandingi

Kisah Mistis Para Ratu Gaib di Indonesia yang Terkenal Memiliki Kekuatan Sakti yang Tak Tertandingi

Nyi Roro Kidul merupakan ratu gaib di Indonesia yang paling terkenal.-(Ilustrasi Pinterest)----

Marah karena kesulitan putrinya, Nyi Calon Arang menculik seorang gadis muda dan mengorbankannya kepada Dewi Durga, menyebabkan bencana besar di desa. Raja Airlangga kemudian meminta bantuan dari Empu Baradah yang mengirimkan muridnya, Empu Bahula, untuk menikahi Ratna Manggali. Keadaan kembali normal setelah buku sihir milik Nyi Calon Arang dicuri dan diserahkan kepada Empu Baradah.

Nyi Gadung Melati

Nyi Gadung Melati dipercaya sebagai ratu gaib di Indonesia dan penjaga gerbang Gunung Merapi serta pemimpin makhluk halus di sana. Menurut kepercayaan Jawa, ia bertugas memelihara kehijauan tanaman di lereng Merapi. Konon, kehadiran Nyi Gadung Melati dalam mimpi masyarakat menandakan bahwa Gunung Merapi akan meletus.

Kisahnya menyebutkan bahwa ia hidup bersama anak semata wayangnya sebelum meninggal. Suatu hari, ia mengutuk anaknya menjadi seekor ular karena merasa dikhianati. Ular tersebut dipercaya sebagai penjaga gerbang Gunung Merapi hingga saat ini.

Nyi Lanjar

Nyi Lanjar adalah sosok mistis dari utara Jawa, khususnya di Pekalongan. Ia dikenal sebagai Dewi Lanjar dan digambarkan memiliki keraton gaib di pantai Pekalongan, di sebelah Sungai Slamaran. Nyi Lanjar digambarkan sebagai wanita cantik dengan tubuh manusia dari pinggang ke atas dan tubuh ular dari pinggang ke bawah.

BACA JUGA: Mitos Ikan Sembilang, Benarkah Ampuh untuk Program Hamil?

Menurut legenda, Nyi Lanjar memiliki hubungan dengan Kanjeng Ratu Kidul, penguasa Laut Selatan Jawa. Beberapa versi cerita menyebutkan bahwa ia adalah Rantamsari, istri Raden Bahu dan saudari dari Nawangwulan yang juga merupakan Ratu Kidul.

Dewi Sri

Dewi Sri adalah sosok ratu gaib di Indonesia yang sangat dihormati dalam mitologi Jawa dan agama Hindu. Ia dianggap sebagai Dewi Padi dan kesuburan, yang memiliki peran penting dalam dunia pertanian. Dewi Sri sering digambarkan dengan memegang setangkai padi atau teratai merah di tangannya.

Dalam budaya Jawa, Dewi Sri dipercaya mengendalikan bahan makanan utama seperti padi dan memberikan kesuburan serta kelahiran yang baik. Legenda tentang Dewi Sri telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Indonesia, terutama yang berkaitan dengan pertanian dan kesuburan tanah.

Nyai Roro Kidul

Nyai Roro Kidul adalah salah satu tokoh supranatural paling terkenal di Indonesia. Ia dipercaya sebagai penguasa laut selatan dalam mitos Sunda dan Jawa. Nyai Roro Kidul awalnya adalah putri kerajaan Sunda yang diusir oleh ayahnya karena ulah ibu tirinya.

BACA JUGA: 5 Pohon Penuh Mitos di Indonesia, Bisa Buat Hubungan Langgeng hingga Jadi Sarang Makhluk Pencuri Uang

Sumber: