Mitos dari Suku Asmat, Dipercaya Sebagai Warisan Budaya Lisan Mereka

Mitos dari Suku Asmat, Dipercaya Sebagai Warisan Budaya Lisan Mereka

Mitos dari Suku Amat, Konon Mitos-mitos Tersebut Dipercayai Sebagai Warisan Budaya Lisan Mereka pict-istockphoto--

radartegal.id - Hidup di negara Indonesia sudah tidak asing dan kental dengan yang namanya mitos, seperti salah satu daerah yang akan kami bahas berikut yakni Suku Asmat. Ini dia mitos dari Suku Asmat yang dipercayai hingga saat ini.

Tiap daerah punya mitosnya sendiri-sendiri dan hampir seluruh masyarakatnya mempercayai, ada yang dihindari sebagai penolak bala, ada yang mempercayai karena hal tersebut sudah ada sejak zaman dahulu, dan ada yang mempercayai karena dianggap sebagai warisan budaya. Seperti contohnya Suku Asmat, rupanya ada mitos dari Suku Amat yang dianggap sebagai warisan budaya.

Suku Asmat yang dapat ditemui pada daerah pedalaman Papua, Indonesia ini ternyata dalam kehidupannya lekat akan mitos-mitos yang berkembang dan masih dipercayai. Untuk itu pada artikel kali ini kami akan membahas mitos dari Suku Amat pada artikel berikut.

Tak usah berlama-lama lagi, yuk kita bahas bareng artikel radar tegal tentang mitos dari Suku Amat tersebut. Apakah benar mitos-mitos tersebut adalah warisan budaya mereka yang dipercayai hingga kini?

BACA JUGA: Mitos Ular Buntung Penunggu Waduk Malahayu Brebes, Konon Kerap Jadi Penolong Pengunjung yang Tenggelam

BACA JUGA: 5 Mitos Makhluk Mitologi Orang Bati yang Terkenal di Maluku, Mirip Kera Besar Bersayap Kelelawar

Mitos dari Suku Amat

1. Mitos tentang penciptaan

Pertama, mitos dari Suku Amat adalah tentang penciptaan. Mitos tentang penciptaan ini ini sering kali dikaitkan dengan para tokoh gaib atau dewa-dewa yang telah menciptakan alam semesta beserta isinya.

2. Mitos tentang roh

Kedua, mitos dari Suku Amat akan kami bahas selanjutnya adalah tentang roh. Konon Suku Asmat sendiri masih mempercayai pada adanya roh-roh yang mereka anggap sebagai penghuni alam semesta ini.

Mereka meyakini bahwa roh tersebut telah memberikan banyak pengaruh bagi kehidupan sehari-harinya. Sehingga mereka harus tetap memuja dan menghormati keberadaannya.

3. Mitos tentang pohon hidup

Ketiga, mitos dari Suku Amat akan kami bahas berikutnya adalah tentang pohon hidup. Mitos ini menjadi salah satunya yang terkenal dari Suku Asmat sendiri.

Sumber: