Hari Raya Waisak 2024, 146 Personel Polres Tegal Disiagakan Selama 4 Hari Longweekend

Hari Raya Waisak 2024, 146 Personel Polres Tegal Disiagakan Selama 4 Hari Longweekend

SIAGA- Personel Polres Tegal bersiaga melakukan pengamanan selama libut Hari Raya Waisak 2024.-Hermas Purwadi-Radartegal.disway.id

Kata Waisak berasal dari dua bahasa yaitu Vaisakha (Sansekerta) dan Vesakha (Pali) yang berarti nama bulan dalam kalender Buddhis. Pada kalender Masehi, Waisak umumnya jatuh pada akhir April, Mei, atau awal Juni.

Kalangan umat Buddha menyebut Waisak sebagai Hari Raya Trisuci Waisak, karena untuk memperingati tiga peristiwa penting. Di antaranya Kelahiran Bodhisattva (calon Buddha) Siddharta Gautama di Taman Lumbini pada tahun 623 SM.

Kemudian, Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna di Bodh pada tahun 588 SM; dan Wafatnya Buddha Gotama (Maha Parinibbana) di Kusinara. Menyongsong Waisak, umat Buddha sering mengadakan kegiatan bersih vihara, ziarah ke makan leluhur, bersih makam pahlawan. 

BACA JUGA: Kemenkumham Hemat Anggaran Rp739 Juta usai Kasih Remisi Waisak ke 1.245 Narapidana

BACA JUGA: Lepas Parade Waisak, Ganjar: Saya Doakan Semoga Semua Berbahagia

Pada saat Hari Raya Waisak 2024, umat Buddha melaksanakan puja pada detik-detik bulan purnama. Kegiatan lomba atau pentas kesenian juga dilaksanakan untuk memeriahkan perayaan Waisak.

Sumber: