Hari Raya Waisak 2024, 146 Personel Polres Tegal Disiagakan Selama 4 Hari Longweekend

Hari Raya Waisak 2024, 146 Personel Polres Tegal Disiagakan Selama 4 Hari Longweekend

SIAGA- Personel Polres Tegal bersiaga melakukan pengamanan selama libut Hari Raya Waisak 2024.-Hermas Purwadi-Radartegal.disway.id

SLAWI, radartegal.id- Sebagai upaya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Tegal dalam rangka libur panjang Hari Raya Waisak 2024 yang bertepatan tanggal 23 sampai 26 Mei 2024, seratusan anggota Polres Tegal disiagakan. Hal itu menjadi strategi jitu yang sengaja diambil Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun, S.H., S.I.K..

Total personel Polres Tegal yang disiagakan menjaga keamanan Hari Raya Waisak 2024 sebanyak 146 orang. Mereka dilibatkan dalam pengamanan yang berfokus pada tempat ibadah di wilayah Kabupaten Tegal.

Termasuk lokasi-lokasi wisata yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit dari masyarakat baik dari dalam maupun luar Kabupaten Tegal. Terutama saat libur Hari Raya Waisak 2024 yang berlangsung selama 4 hari.

"Jalur menuju obyek Wisata Guci yang diperkirakan akan mengalami peningkatan volume arusnya, kami menyiagakan 146 orang yang bertugas selama 23-16 Mei 2024," terangnya.

BACA JUGA: Peringati Waisak, Biksu Thudong Bakal Jalan Kaki Dari India Menuju Borobudur

BACA JUGA: Bukan Ikut-ikutan Biksu Thudong, Ganjar Jalan Kaki ke Puncak Acara Waisak 2567 di Borobudur

Mereka melakukan pengaturan dan penguraian arus lalu lintas serta patroli di jalur lintas menuju Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal. Sementara pada tempat ibadah, terdapat 1 Vihara Budda Sasana Dipa Slawi yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Slawi.

Tempat tersebut mendapatkan pelayanan sterilisasi dari Unit Satwa Satsamapta dan dijadikan sebagai titik patroli antisipasi gangguan keamanan yang mungkin terjadi.

Terkait pengamanan Hari Raya Waisak 2024, Wakapolres Tegal Kompol M. Iskandarsyah, S.P., S.I.K., M.M., mengatakan, pada obyek wisata lain, 18 Kapolsek Jajaran Polres Tegal telah bersiaga sebagai kepala pengamanan wilayahnya.

Seperti di Pantai Purwahamba Indah, Waduk Cacaban dan Rodjo Tater yang menjadi alternatif favorit masyarakat di Kabupaten Tegal maupun maupun obyek-obyek vital. Hal ini sesuai dengan surat perintah Kapolres Tegal (Sprin/ 706/ V/ PAM.3.3./ 2024 tanggal 22 Mei 2024 tentang pengamanan libur panjang peringatan Hari Raya Waisak 2024. 

BACA JUGA: Biksu Thudong Rayakan Waisak di Candi Borobudur, Wamenag Bilang Begini

BACA JUGA: Peringati Tri Suci Waisak, Puluhan Umat Buddha di Tegal Dapat Pengawalan Polisi

Seperti dikutip dari Kementerian Agama RI, setiap tahun pada purnama di bulan Waisak, umat Buddha merayakan Waisak. Tahun ini, Hari Raya Waisak 2568 BE jatuh pada Kamis, 23 Mei 2024. 

Sumber: