Awas Ngebul! Ini Dia Beberapa Cara Mencegah Mesin Mobil agar Tidak Overheat

Awas Ngebul! Ini Dia Beberapa Cara Mencegah Mesin Mobil agar Tidak Overheat

OTOMOTIF- Berikut beberapa cara mencegah mesin mobil agar tidak overheat.-(Foto Pinterest)--

RADAR TEGAL - Di tengah cuaca yang kerap panas terik, kami mau kasih tahu nih buat kalian para pecinta otomotif yang hobi ngegas di jalanan. Ada satu bahaya yang mengintai mobilmu di tengah cuaca panas ini, yaitu overheat.

Overheat itu kayak demam tinggi pada mesin mobilmu. Mesin yang overheat bisa mati mendadak, rusak parah, dan bikin dompetmu menipis karena biaya bengkel yang gak murah.

Duh, ngebayanginnya aja udah serem kan? Namun tenang saja karena kami memiliki beberapa rahasia nih biar mesin mobil tidak overheat di tengah panasnya jalanan.

Cara mencegah mesin mobil agar tidak overheat

1. Radiator

Radiator itu ibarat AC-nya mesin mobilmu. Fungsinya buat mendinginkan mesin yang panas saat bekerja. Nah, kalo radiatornya kotor, gak berfungsi dengan baik, atau kipas radiatornya gak muter lancar, mesin bisa cepet panas.

BACA JUGA: Apa Penyebab Bunyi Ngelitik pada Mesin Mobil? Begini Cara Mengatasinya

Jadi, rajin-rajin deh periksa radiatornya:

  • Bersihkan radiatornya secara berkala dari debu, kotoran, dan serangga yang bisa menyumbat aliran udara.
  • Pastikan kipas radiatornya muter lancar dan gak ada suara berisik.
  • Periksa juga kondisi selang-selang radiatornya untuk memastikan tidak ada kebocoran.

2. Coolant

Coolant itu kayak darahnya mesin mobilmu. Fungsinya buat nyerap panas dari mesin dan nganterin ke radiator buat didinginkan. Kalo coolantnya gak sesuai dengan tipe mobilmu, udah gak bagus, atau berkurang, mesin bisa cepet panas.

Makanya, perhatikan coolantmu:

  • Gunakan coolant yang sesuai dengan spesifikasi mobilmu. Jangan asal pakai air biasa atau coolant yang gak jelas asal-usulnya.
  • Periksa ketinggian coolantnya secara berkala minimal seminggu sekali. Pastikan coolantnya berada di level yang ideal, yaitu di antara garis "min" dan "max" pada tabung reservoir.
  • Ganti coolantnya secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobilmu.

3. Oli mesin

Oli mesin gak cuman buat pelumas komponen mesin biar gak bergesekan dan aus, tapi juga membantu mendinginkan mesin. Kalo oli mesinnya kurang, kotor, atau udah encer, mesin bisa cepet panas.

BACA JUGA: Dua Kali Penyegaran, Mobil Chevrolet Captiva Bekas Pilihan Paling Ideal Harga di Bawah Rp100 Juta

Sumber: