Kebiasaan Buruk Saat Mematikan Mesin Mobil yang Diam-diam Menggerogoti Dompetmu

Kebiasaan Buruk Saat Mematikan Mesin Mobil yang Diam-diam Menggerogoti Dompetmu

OTOMOTIF- AC masih menyala adalah salah satu kebiasaan buruk saat mematikan mesin mobil.-(Foto Pinterest)--

RADAR TEGAL - Sebagai anak muda zaman now yang gaul dan kekinian, pasti dong kamu punya mobil keren buat nongkrong dan jalan-jalan. Tapi, tau gak sih kalau ada beberapa Kebiasaan Buruk Saat Mematikan Mesin Mobil yang diam-diam bikin dompetmu menipis?

Yup, kebiasaan sepele ini sering luput dari perhatian, tapi efeknya bisa bikin dompetmu jebol lho! Nah, biar kamu gak buang-buang uang buat biaya servis mobil yang mahal.

Yuk simak kebiasaan buruk saat mematikan mesin mobil berikut ini, simak sampai akhir yaa supaya informasinya bermanfaat.

1. Mematikan mesin tiba-tiba setelah berkendara lama

Pernah gak sih, pas lagi macet parah dan panasnya minta ampun, kamu langsung matiin mesin mobil biar hemat bensin? Eits, tunggu dulu! Kebiasaan ini ternyata gak baik lho, gaes!

BACA JUGA: 7 Rahasia Nyetir Mobil Agar Hemat BBM, Dijamin Mobil Langsung Alergi Mampir SPBU

Saat mesin mobil panas setelah perjalanan panjang, komponen-komponen di dalamnya masih dalam kondisi panas dan butuh waktu untuk mendingin. 

Mematikan mesin secara tiba-tiba bisa bikin oli tidak terdistribusi dengan baik, sehingga memicu keausan pada komponen mesin. Lama-kelamaan, hal ini bisa bikin mesin mobilmu cepat rusak dan dompetmu jebol buat biaya servis.

Tips:

  • Biarkan mesin mobil menyala selama 1-2 menit setelah perjalanan panjang agar komponen mesin mendingin dengan sempurna.
  • Gunakan kipas mobil untuk membantu proses pendinginan.

2. Mematikan mesin saat AC masih menyala

AC mobil memang bikin perjalananmu jadi lebih nyaman, tapi hati-hati lho kalau kamu mau mematikan mesin mobil! Mematikan mesin saat AC masih menyala ternyata bisa bikin aki mobilmu cepat rusak dan ini kebiasaan buruk saat mematikan mesin mobil.

BACA JUGA: Bawa Pulang Mobil Mewah dengan Simulasi Kredit Toyota Fortuner DP 50 Juta

Saat AC menyala, kompresor AC membutuhkan daya yang besar dari aki. Mematikan mesin secara tiba-tiba saat kompresor AC masih bekerja bisa bikin aki drop dan bahkan rusak. Biaya mengganti aki mobil tentu gak murah.

Tips:

  • Matikan AC beberapa menit sebelum mematikan mesin mobil.Gunakan fitur "blower" pada AC untuk mendinginkan kabin mobil sebelum mematikan mesin.

Sumber: