Ciptakan Tobat, Duta Pelajar Kabupaten Tegal Raih Juara I TTG Provinsi Jawa Tengah

Ciptakan Tobat, Duta Pelajar Kabupaten Tegal Raih Juara I TTG Provinsi Jawa Tengah

UNGGULAN - Duta pelajar Kabupaten Tegal raih juara unggulan Jawa Tengah di ajang lomba Teknologi Tepat Guna.-Hermas Purwadi-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Berhasil menciptakan Tobat, duta pelajar Kabupaten Tegal berhasil meraih Juara I Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Jawa Tengah.  Tobat atau kepanjangan dari tongkat bantu alat tunanetra ditetapkan sebagai juara I tingkat Jawa Tengah sebagai karya teknologi tepat guna unggulan.

Hal ini seperti diungkap Kepala Dinas Permades Kabupaten Tegal Teguh Mulyadi melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat Siti Aminah. Pihaknya menyatakan, duta pelajar Kabupaten Tegal yang dikirim di ajang lomba TTG tingkat Provinsi Jawa Tengah berasal dari SMAN 1 Slawi. 

"Mereka adalah  Mohammad Zayad Azam Billah dan  Meylin Nurfadhilah siswa kelas  XI," ujarnya, Rabu, 1 Mei 2024.

Menurutnya, kelebihan dari Tobat ini adalah dilengkapi dengan sensor. Apabila di jarak 1 meter ada penghalang maka tongkat akan berbunyi. 

BACA JUGA: Luar Biasa! 2 Duta Kabupaten Tegal Raih Penghargaan Kalpataru tingkat Jawa Tengah

"Selebihnya tongkat ini juga dilengkapi dengan GPS untuk mengetahui pasti keberadaan tunanetra pengguna tongkat. Alat  ini terbilang  sangat sederhana dengan memanfaatkan barang limbah seperti duran alat pancing," jelasnya.

Kelebihan lain dari Tobat adalah tongkat ini bisa ditekuk dan dimasukkan ke dalam tas. Karya ini sangat sederhana dan sangat besar pula manfaatnya bagi penyandang tunanetra. 

Dalam paparannya keduanya berharap terciptanya alat ini  bisa menjadi solusi dari 1.673 penyandang tunanetra. Diakui di ajang lomba TTG tingkat Provinsi Jawa Tengah, dari SMAN 1 Slawi sempat mengusung 3 inovasi yakni Tobat, alat pembersih kolam, dan alat penetas telur.

"Namun yang ditetapkan sebagai karya Teknologi Tepat Guna Unggulan adalah tongkat bantu alat tunanetra (Tobat) dengan biaya murah dan sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. Kami bersiap menghantarkan keduanya maju mewakili Jawa Tengah di ajang lomba TTG tingkat nasional, dan berharap prestasi ini mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Tegal," ungkapnya. (*)

Sumber: