Mesin Mobil Keluar Suara Kasar dan Ganggu Konsenstrasi Mengemudi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mesin Mobil Keluar Suara Kasar dan Ganggu Konsenstrasi Mengemudi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mesin Mobil Keluar Suara Kasar dan Ganggu Konsenstrasi Mengemudi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

4. Bearing Rusak

Bearing yang rusak juga memicu mesin mobil keluar suara keras. Biasanya yang membuat bearing mobil cepat rusak adalah kebiasaan pengemudi yang suka melalui jalan berlumpur maupun banjir.

5. Celah Katup Mesin Terlalu Rapat atau Longgar

Celah katup mesin yang terlalu rapat atau terlalu longgar juga menyebabkan mesin mobil mengeluarkan bunyi berisik. Hal ini bisa terjadi karena adanya gesekan logam saat mesin mobil sedang bekerja.

Cara mengatasi mesin mobil keluar suara kasar

1. Rutin Cek Oli

Pastikan ketinggian oli mesin sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Gunakan oli yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mesin mobil.

Lakukan juga penggantian oli secara rutin sesuai dengan jarak tempuh yang dianjurkan.

BACA JUGA: 5 Mobil SUV Bekas Dibawah 100 Juta Rupiah, Mesin Irit Peforma Masih Gesit

2. Ganti Kompresor AC

Apabila kompresor AC sudah aus dan dirasa sudah tidak layak pakai, maka harus dilakukan penggantian. Pastikan untuk mengganti kompresor AC yang sesuai dengan spesifikasi mobil yang dimiliki.

3. Ganti Sabuk Penghubung

Sama seperti kompresor AC, apabila sabuk penghubung sudah reta, aus, atau berminyak maka harus segera diganti. Sebagai saran, gunakan sabuk penghubung sesuai anjuran pabrik atau teknisi yang membantu Anda.

4. Ganti Bearing

Bearing yang mengalami kerusakan juga perlu diganti sama halnya dengan dua komponen diatas. Disarankan juga untuk mengganti bearing di bengkel resmi untuk mendapatkan rekomendasi beraing yang pas dengan spesifikasi mobil Anda.

Sumber: