Mesin Mobil Keluar Suara Kasar dan Ganggu Konsenstrasi Mengemudi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mesin Mobil Keluar Suara Kasar dan Ganggu Konsenstrasi Mengemudi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mesin Mobil Keluar Suara Kasar dan Ganggu Konsenstrasi Mengemudi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Mesin mobil Anda mengeluarkan suara gemuruh dan dirasa mengganggu konsenstrasi Anda ketika mengemudi? Jangan risau. Berikut Radar Tegal, sajikan informasi penyebab mesin mobil keluar suara kasar plus cara mengatasinya.

Mesin mobil keluar suara kasara, merupakan salah satu masalah yang mayoritas dialami oleh semua pengguna mobil. Suara kasar yang dihasilkan dari mesin mobil tersebut merupakan dampak dari perawatan yang minim dilakukan oleh pemilik mobil.

Pada dasarnya perawatan sederhana seperti mengecek kondisi oli dan komponen lainnya dapat mencegah mesin mobil keluar suara kasar. Lebih dari itu, pengecekan mesin sangatlah penting mengingat performa mobil bergantung padanya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi mesin mobil keluar kasar agar kembali normal. Untuk itu, kita perlu mengetahui penyebab keluarnya suara kasar dari mesin mobil.

BACA JUGA: All New Toyota Fortuner Hybrid 2024 Kini Punya Peningkatan Performa Mesin yang Tangguh, Cek Spesifikasinya

Penyebab mesin mobil mengeluarkan suara berisik 

1. Tidak Mengecek Oli

Salah satu penyebab mesin mobil mengeluarkan suara berisik adalah kebiasaan pemilik yang lupa mengecek kondisi oli. Apabila oli atau pelumas dalam mesin sudah mengurang, dapat menyebabkan gesekan yang bersuara keras.

2. Kompresor AC Sudah Aus

Penyebab mesin mobil keluar suara keras selanjutnya berasal dari kompresor AC yang sudah aus. Hal ini disebabkan pelumas pada kompresor AC yang sudah mengurang atau sudah saatnya diganti.

3. Masalah Pada Sabuk Penghubung

Masalah pada sabuk penghubung yang menghubungkan kipas radiator, kompresor AC, hingga alternator sejatinya dapat memicu suara berisik apabila mesin mobil dinyalakan.

Hal ini umumnya karena asbuk penghubung yang sudah tidak layak pakai karena terkena kotoran atau sudah mengering.

BACA JUGA: Keunggulan Toyota Harrier XU30 2024, Punya Mesin 6 Silinder untuk Hasilkan Tenaga Super Kencang

Sumber: