Lebih Baik Ganti Oli Berdasarkan Jarak atau Waktu? Begini Penjelasannya

Lebih Baik Ganti Oli Berdasarkan Jarak atau Waktu? Begini Penjelasannya

OTOMOTIF - ganti oli berdasarkan jarak atau waktu--

RADAR TEGAL - Ganti oli mobil seringkali disebut sebagai trik marketing saja, padahal hal ini sangat penting. Lalu lebih baik ganti oli berdasarkan jarak atau waktu?

Biasanya hal yang harus diperhatikan untuk ganti oli yaitu berdasarkan jarak atau waktu. Namun seringkali menjadi pertanyaan mana yang lebih baik dan efesien.

Tentunya ganti oli berdasarkan jarak atau waktu, keduanya memiliki alasan dan dampaknya tersendiri. Namun Anda juga harus memperhatikan tanda-tanda bahwa mobil harus segera ganti oli.

Berikut hal yang tepat dilakukan baik ganti oli berdasarkan jarak atau waktu. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Pentingnya Ganti Oli Mesin Secara Rutin untuk Perawatan Kendaraan Agar Performa Tetap Prima dan Awet

Tanda-tanda mobil harus ganti oli

1. Mesin Terasa Kasar

Jika Anda berkendara dan merasakan mesin mobil Anda terasa kasar dan tidak nyaman, maka hal yang wajib Anda lakukan adalah gantioli mobil dengan segera. Mesin yang kasar disebabkan karena gesekan pada tiap komponen yang tidak diberi pelumas.

Sehingga menciptakan suara mesin mobil terasa keras dan kasar.

2. Oli Berubah Warna

Jika oli mobil Anda sudah berubah warna bahkan sampai menghitam, itu tandanya Anda harus segera ke bengkel dan ganti oli mobil Anda. Selain itu, jika oli Anda juga mulai encer maka Anda harus menggantinya segera.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Merk Oli Mobil Matic Terbaik, Optimalka Performa Mesin Kendaraan

Alasan harus segera mengganti oli mobil

1. Mobil Tidak Cepat Rusak

Ternyata mengganti oli juga mempengaruhi usia mobil lho. Oli merupakan hal yang penting untuk melumasi mesin dengan baik. Jika Anda rajin mengganti oli, maka mesin mobil akan bekerja dengan baik dan mobil pun tidak cepat rusak.

2. Performa Lebih Maksimal

Sumber: