Pj Walikota Dorong Optimalisasi Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana di Tegal

Pj Walikota Dorong Optimalisasi Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana di Tegal

Pj Walikota Tegal menghadiri rakor penanggulangan bencana tingkat nasional--

RADAR TEGAL - Penjabat (Pj) Walikota Dadang Somantri menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2024 di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu 24 April 2024. Pada kesempatan itu, dirinya mendorong adanya optimalisasi penggunaan teknologi dan inovasi dalam penanggulangan bencana di Kota Tegal.

Usai menghadiri rakor, Dadang mengatakan, itu sesuai betul dengan kondisi yang sekarang. Karena disadari saat ini masih dalam tahap masih konvensional.

"Maka kami mendorong penggunaan teknologi, inovasi dan kreativitas. Dalam rangka mengurangi tingkat kegagalan dan deteksi dini," ungkapnya.

Menurut Dadang, perlu adanya komitmen dari seluruh stakeholder. Baik dari penyiapan sumber daya manusia, prasarana maupun penganggaran.

BACA JUGA: Pj Bupati Dukung Optimaliasi Sarana dan Prasarana Penanggulangan Bencana di Kabupaten Tegal

"Karenanya, kita nanti akan mencoba mengkolaborasikan. Karena kebencanaan ini bukan BPBD saja tapi ini menjadi tugas bersama baik pemerintah maupun masyarakat," ujar Dadang.

Dadang menegaskan, pemkot akan lebih memfokuskan kepada banjir maupun rob. Serta deteksi-deteksi kemungkinan kebakaran.

"Sebab, kita punya obyek-obyek vital seperti pelabuhan ini harus menjadi perhatian. Sebagai Kota Bahari tentu saja pelabuhan kita harus lebih baik dan lebih safe," ujar Dadang.

Sekedar informasi, Rakornas PB 2024 yang digelar BNPB dilaksanakan pada 23 - 24 April 2024. Kegiatan tersebut dihadiri 447 BPBD, yang terdiri dari 36 Provinsi dan 411 Kabupaten/Kota. (*)

Sumber: