3 Tren Modifikasi Motor yang Dianggap Keren, Sebenarnya Norak Bahkan Mengancam Nyawa

3 Tren Modifikasi Motor yang Dianggap Keren, Sebenarnya Norak Bahkan Mengancam Nyawa

3 Modifikasi Motor yang Dianggap Keren Namun Sebenarnya Sangat Norak Bahkan Bisa Sebabkan Kecelakaan--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

Modifikasi motor yang dinilai alay dan berbahaya selanjutnya adalah tren modif motor dengan mengganti ban asli menjadi ban cacing.

Inspirasi modifikasi ini disinyalir berasal dari perlombaan balap drag racing yang memang pada dasarnya menggunakan ban cacing untuk meningkatkan kecepatan.

BACA JUGA:Mesin Motor Sulit Distarter? Bisa Jadi Busi Sudah Saatnya Diganti, Ini 6 Ciri-cirinya

Memang penggunaan ban cacing pada motor diperbolehkan, namun penggunaannya haruslah di tempat yang semestinya contohnya seperti lintasan drag.

Nah, apabila nekat melakukan modifikasi motor menggunakan ban cacing maka tidak hanya terlihat alay dan norak namun juga membahayakan diri sendiri.

Mengapa demikian? Pertama ban cacing memiliki tapak ban yang jauh lebih kecil dibandingkan ban standar. Hal ini membuat daya cengkram ban ke aspal berkurang, sehingga motor lebih mudah tergelincir.

Kedua, ban cacing tidak memiliki profil yang ideal untuk menopang bobot motor dan pengendara. Hal ini membuat motor lebih mudah oleng dan tidak stabil, terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi.

BACA JUGA:Tips Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula, Dijamin Langsung Bisa

3. Lampu Belakang Dibuat Lebih Terang

Tren modifikasi motor terakhir yang dianggap alay dan cukup berbahaya ialah mengganti lampu belakang dengan lampu yang lebih terang.

Alih-alih mempercantik tampilan, tren ini justru membahayakan pengendara lain dan pengguna jalan. Selain itu, penggunaan lampu belakang yang terlalu terang dapat menyebabkan silau bagi pengendara dibelakang.

Hal tersebut dapat menggangu konsentrasi dan refleks pengendra sehingga meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. 

modifikasi motor dengan lampu belakang yang terlalu terang juga dapat membuat pengendara lain merasa tidak nyaman dan terganggu. Cahaya yang berlebihan dapat menyilaukan mata dan membuat mereka sulit melihat jalan dengan jelas.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Berikut Beberapa Kerusakan Suspensi Motor yang Harus Diantisipasi

Karenanya modifikasi motor ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan pada motor kesayangan Anda. Dan kabar baiknya, tren ini sedikit demi sedikit sudah mulai menghilang.

Sumber: