Intip Ulasan 7 Chipset Smartphone Android Mulai dari Dimensity hingga Snapdragon, Mana yang Terbaik?

Intip Ulasan 7 Chipset Smartphone Android Mulai dari Dimensity hingga Snapdragon, Mana yang Terbaik?

PONSEL- Ulasan Chipset Smartphone Android--

RADAR TEGAL - Setiap android pasti didukung oleh chipset yang merupakan bagian dari perangkat ponsel. Anda perlu mengetahui chipset smartphone android yang dipakai oleh ponsel Anda.

Hal ini karena chipset akan mendukung kebutuhan dalam memanfaatkan fitur ponsel. Pentingnya chipset dalam sebuah ponsel karena di dalamnya terdapat banyak komponen yang mendukung kinerja perangkat. Untuk itu, artikel ini akan mengulas secara singkat mengenai beberapa chipset smartphone android yang dipakai oleh beberapa ponsel yang ada di Indonsia. 

Dalam penggunaannya chipset smartphone android sering disamakan dengan CPU atau prosessor padahal sebenarnya berbeda. Lebih tepatnya CPU dan image sensor prosessor (ISP) merupakan bagian dari komponen chipset.

Chipset smartphone android yang laris di pasaran adalah Helio G99, karena paling banyak dipakai brand ponsel keluaran terbaru. Berikut akan dibahas tujuh chipset dengan sepesifikasinya dari berbagai sumber. 

BACA JUGA: Gak Mahal! Ini 4 Rekomendasi HP Gaming Budget Pelajar yang Punya Chipset Ngebut, Mulai 1 Jutaan

Tujuh chipset smartphone android terbaik

1. Dimensity 9300

Chipset dimensity 9300 merupakan chipset terbaik yang biasa digunakan smartphone kelas atas dengan fabrikasi 4 nm. Chipset ini mempunyai CPU dan Prosessor yang mampu bekerja dengan kecepatan 3.25 GHz.

Chipset ini adalah garapan dari MediaTek yang memakai CPU Octa Core yang meliputi 1x Cortex-X4 3250 MHz, 3x Cortex-X4 2850 MHz, dan 4x Cortex-A720 2.0 GHz. Kinerja Dimensity 9300 didukung oleh GPU Mali-G720 Immortalis MP12 yang tugasnya mengolah grafis.

2. Snapdragon 8 Gen 3

Chipset yang satu ini merupakan besutan dari Qualcomm yang bergafrikasi 4 nm. Pertama kalinya chipset ini hadir di Indonesa mrlalui iQOO 12.

Performa prosessornya memiliki kekuatan mencapai 3.3 GHz dinilai dari teknisnya yang didukung oleh kinerja GPU Adreno 750. Chipset ini hadir dengan CPU yang terdiri dari 1x Cortex-X4 3.3 Hz, 3x Cortex A720 3,15 GHz, 2x Coretx-A720 2.96 GHz dan 2x Cortex-A520 2.27 GHz.

BACA JUGA: Intip Spesifikasi POCO M5, HP Rp1 Jutaan Punya Chipset MediaTek Helio G99 Bateri Tahan Lama

3. Exynos 2400

Sumber: