Wacana Pembangunan RSUD di Wilayah Selatan Kabupaten Tegal Mencuat, Komisi IV Usul Pemkab

Wacana Pembangunan RSUD di Wilayah Selatan Kabupaten Tegal Mencuat, Komisi IV Usul Pemkab

KOMISI IV - Usulan pembangunan RSUD di wilayah selatan Kabupaten Tegal mencuat dari Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal A. Jafar.-Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Wacana pembangunan RSUD di wilayah selatan Kabupaten Tegal mencuat di kantor dewan. Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal meminta agar Pemkab Tegal membangun fasilitas kesehatan tersebut.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal A. Jafar, Selasa, 23 April 2024 mengungkap usulan pembangunan RSUD di wilayah selatan Kabupaten Tegal.

"Saat ini di Kabupaten Tegal baru ada dua RSUD. Pertama di utara (Suradadi) dan kedua di Slawi (RSUD Soeselo)," kata Jafar.

Menurutnya, Pemkab Tegal harus segera membangun RSUD kembali. Tujuannya untuk mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap masyakat. Utamanya bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah selatan Kabupaten Tegal.

BACA JUGA: Raih Akreditasi Bintang 5, RSUD dr Soeselo Slawi Ditetapkan Jadi Rujukan 10 Penyakit Prioritas

"Ini harus dipikirkan. Jangan sampai masyarakat kecewa karena pelayanan rumah sakit tidak memuaskan," tegasnya. 

Meski sudah ada dua RSUD, menurut Jafar, keduanya belum bisa menampung secara maksimal para pasien di Kabupaten Tegal. Sejatinya, Pemkab Tegal menambah satu RSUD di wilayah selatan Kabupaten Tegal.

Dia berujar, ada dua lokasi yang cukup representatif dan bisa mendekatkan dengan masyarakat. Yaitu di Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung, Kecamatan Balapulang dan di wilayah Kecamatan Margasari.

"Jadi pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah Bumijawa, Bojong, Balapulang dan Margasari bisa lebih dekat. Tidak harus jauh-jauh ke Slawi," kata Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

BACA JUGA: Komisi 2 DPRD Tinjau Layanan BPJS RSUD Kardinah Tegal

Dia mengaku, selama ini banyak masyarakat yang mengadu soal pelayanan di RSUD yang selalu penuh jumlah pasiennya. Sehingga pasien yang baru masuk tidak bisa mendapatkan fasilitas ruangan untuk rawat inap.

"Saya sering mendapat laporan begitu. Lagi-lagi pasien terpaksa pulang karena tidak dapat tempat tidur untuk rawat inap," ucapnya terkait usulan pembangunan RSUD di wilayah selatan Kabupaten Tegal. (*)

KOMISI IV - Usulan pembangunan RSUD di wilayah selatan Kabupaten Tegal mencuat dari Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal A. Jafar.

Sumber: