Warga Brebes Tolong Diingat, Layanan Administrasi Kependudukan Gratis

Warga Brebes Tolong Diingat, Layanan Administrasi Kependudukan Gratis

Sejumlah warga saat mengurus Adminduk di Disdukcapil Brebes. Kepala Disdukcapil Brebes Mayang Sri Herbimo memastikan layanan adminduk gratis.(Istimewa)--

RADAR TEGAL - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Brebes Mayang Sri Herbimo mengingatkan warga bahwa layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) yang ada gratis. Karenanya dia berharap warga dapat mengurus adminduk dengan cara datang sendiri atau bisa juga melalui online.

"Semua layanan administrasi kependudukan gratis. Jadi, warga bisa datang langsung ke kepengurusan adminduk," ujarnya, Senin 22 April 2024.

Didampingi Sekertaris Disdukcapil Brebes Gunarso, Mayang menyampaikan ada beberapa layanan yang ada di Disdukcapil. Baik itu, layanan dalam jaringan (online) dan luar jaringan (tatap muka).

Tatap muka tersebut bisa dilakukan di Disdukcapil, kecamatan ataupun di Mall Pelayanan Publik (MPP) Brebes.

BACA JUGA: Hebat! Di Brebes Urus Administrasi Kependudukan Pada Hari Sabtu Tetap Dilayani

"Dan kami usahakan layanan bisa selesai di hari itu juga. Jika ada warga yang ingin mengurus, namun kurang persyaratannya bisa dilengkapi melalui layanan WhatsApp atau lainnya. Jadi, hari itu juga bisa diurus," terangnya.

Dia menambahkan, menyediakan layanan elektronik melalui beberapa faislitas. Baik melalui WhatsApp di nomor 085742459611 untuk Capil (akta kelahiran & kematian). Ataupun di Dafduk (Kartu Keluarga, pindah domisili) bisa WhatsApp di nomor 085728322518.

Serta meng-onlinekan (BPJS, KUA, Bank, Bansos, Imigrasi dan Pendidikan) bisa WhatsApp di nomor 089522510958.

“Kami tegaskan lagi, semua layanan Adminduk di Disdukcapil semuanya gratis. Jadi, silahkan urus Adminduk dengan datang sendiri tanpa melalui perantara atau jasa pengurusan ataupun calo,” ucapnya.

BACA JUGA: Relawan Adminduk Kota Tegal Bantu Warga Dapatkan Administrasi Kependudukan

Bahkan, untuk memudahkan dan mendekatkan layanan adminduk ke penghentian warga telah membuka 90 kios adminduk di 90 desa. Rencananya, rencana akan kembali membuka layanan kios adminduk di 60 desa.

“Silakan manfaatkan layanan kios adminduk yang ada. Jadi, ini bisa mempermudah dan mempercepat layanan adminduk ke warga,” tutupnya. (*)

Sumber: