7 Cara agar Performa HP Android Tetap Optimal dan Mulus, Hindari Tindakan Ini

7 Cara agar Performa HP Android Tetap Optimal dan Mulus, Hindari Tindakan Ini

Ilustrasi. 7 cara agar performa HP Android tetap optimal-freepik-

Jika memori internal dan RAM Anda semakin berkurang, maka ponsel akan sangat lambat dan bahkan sering tidak merespon. Selain itu, cadangkan juga beberapa data penting ke penyimpanan awan (cloud) untuk menghemat memori internal. 

3. Jangan sampai terkena debu atau air

Cara agar performa HP Android tetap optimal berikutnya hindari debu dan air terutama bagi ponsel yang belum mengantongi sertifikasi rating IP. Meski sudah banyak smartphone baru yang anti air dan debu saat ini, bukan berarti ponsel bisa benar-benar aman.

Tetap hindari beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan ponsel rusak atau bermasalah. Apalagi jika debu atau percikan air tersebut masuk ke komponen vital ponsel, seperti port charger atau speaker.

4. Update sistem operasi

Cara mengoptimalkan kinerja HP Android berikutnya dengan melakukan pembaruan sistem operasi. Pastikan smartphone Anda selalu menggunakan sistem operasi terbaru, agar fitur-fitur di dalamnya bisa bekerja maksimal dan terhindar dari bug.

BACA JUGA : Tips dan Trik WhatsApp 2024, Memaksimalkan Pengalaman Pengguna di Android atau iOS

5. Jangan install aplikasi melebihi kapasitas

Tips HP Android tetap mulus selanjutnya jangan install aplikasi yang melebihi kapasitas. Misalnya Anda mengunduh aplikasi game yang cukup berat, sehingga HP Anda tidak bisa menjalankan aplikasi sebagaimana mestinya.

Hal ini karena ukuran aplikasi terlalu besar yang menguras memori dan juga melebihi kapasitas RAM yang berjalan. Terlebih jika kelas smartphone Anda termasuk yang low end (biasanya harganya kisaran Rp1-2 jutaan) yang spesifikasinya bukan untuk HP gaming.

6. Jangan asal install aplikasi asing

Masih soal aplkasi, cara agar performa HP Android tetap optimal dengan tidak asal memasang aplikasi dari sumber tidak dikenal. Selain bisa mempengaruhi kinerja HP, hal ini juga berisiko membawa malware atau virus untuk perangkat Anda.

Parahnya, ada oknum nakal yang memanfaatkan aplikasi asing tersebut untuk mencuri data-data penting yang ada di ponsel. Hal ini juga berlaku untuk tidak asal klik tautan atau link yang dikirim oleh siapapun.

BACA JUGA : 5 HP Android Kamera Mirip iPhone Harga Mulai Rp2 Jutaan, Ada yang Jarang Disorot Loh

7. Restart HP

Sumber: