Mobil Tidak Bisa Distarter tapi Lampunya Menyala? Begini 5 Solusi untuk Mengatasinya

Mobil Tidak Bisa Distarter tapi Lampunya Menyala? Begini 5 Solusi untuk Mengatasinya

Mobil tidak bisa distarter tapi lampunya menyala-freepik-

Mobil tidak bisa distarter tapi lampunya menyala bisa jadi ada kendala di sistem pengapiannya. Anda bisa cek bahwa kondisi pengapian mobil dalam keadaan baik.

Mulai dari busi yang bersih dan terpasang dengan benar. Cek juga bagian kabel-kabel pengapian dan distributor apakah ada rusak maupun kendor.

BACA JUGA : 8 Tips Merawat Mobil Matic Ampuh dan Mudah Dilakukan, Lakukan Secara Rutin

3. Cek sistem starter

Solusi mobil tidak bisa distarter tapi lampu hidup yaitu cek dulu komponen starternya. Mulai dari kabel-kabel, solenoid starter, dan juga sambungan di starter lainnya.

Pastikan tidak ada yang putus maupun aus. Jika Anda mendengar starter berputar tapi tidak membuat mesin bergerak, bisa jadi ada kendala di kopling starter.

4. Cek sistem kelistrikan

Mobil yang tidak bisa distarter tapi lampunya menyala bisa terjadi masalah di sistem kelistrikannya. Pastikan beragam komponen seperti alternator, saklar, serta sejumlah kabel sudah terhubung dengan baik tanpa ada korsleting atau putus.

5. Cek sistem bakar

Terakhir, cara atasi mobil tidak bisa distarter berikutnya coba cek sistem bakar mobil seperti injektor bahan bakar, pompa bahan bakar, filternya, sampai regulator tekanan. Pastikan memang semua sudah berfungsi dengan baik tanpa ada bocor.

BACA JUGA : Tips Merawat Mobil Sebelum Perjalanan Jauh, Periksa Komponen Ini agar Mudik Aman dan Lancar

Penutup

Tips mengatasi mobil tidak bisa distarter atau menyala di atas bisa Anda lakukan sendiri. Namun, jika memang tidak mengerti bagian-bagian mobil yang dimaksud lebih baik Anda membawanya ke tempat service untuk pengecekan lebih detail serta penanganan lebih tepat.

Demikian ulasan cara atasi mobil tidak bisa distarter tapi lampunya menyala termasuk penyebabnya. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Sumber: