Tips Merawat Handphone Supaya Tidak Cepat Rusak dan Awet, Salah Satunya Kontinyu Hapus Cache

Tips Merawat Handphone Supaya Tidak Cepat Rusak dan Awet, Salah Satunya Kontinyu Hapus Cache

--

Perlu kamu ketahui, bila lapisan lithium metalik baterai terus mendapat arus listrik, akan memicu baterai menjadi tidak stabil. Hal ini bisa membuat baterai handphone menjadi menggembung bahkan meledak jika dibiarkan dalam kurun waktu yang lama.

Dianjurkan jika mengisi daya handphone, tegangannya antara 30-80 persen agar voltase tetap rendah sehingga baterai akan lebih awet. Dengan melakukan tips merawat handphone supaya tidak cepat rusak dan tetap awet yang satu ini, dipastikan handphone milikmu akan awet dan berumur panjang.

BACA JUGA: Jangan Sembarangan, Begini Cara Memilih Charger HP yang Aman agar Baterai Tidak Meledak

3. Gunakan Charger Original

Tips perawatan ponsel pintar berikutnya, yaitu selalu menggunakan charger original. Handphone bisa panas jika bukan karena pemakaian yang terus-menerus, bisa juga disebabkan charger yang nggak original.

Apabila kamu mengisi baterai handphone nggak pakai charger yang original, Dipastikan HP akan cepat panas. Jika kamu menggunakan power bank, sebaiknya digunakan hanya dalam kondisi darurat.

Misalnya saat kamu sedang di luar rumah yang nggak menyediakan soket listrik, bahkan ketika kamu sedang berada di kendaraan. Selama kamu masih menemukan colokan, sangat dianjurkan untuk charge ponsel menggunakan charger original.

BACA JUGA: Jangan Anggap Remeh, Begini Cara Charger Ponsel yang Benar

4. Bersihkan Kotoran yang Menempel di Handphone

Tips merawat handphone supaya tidak cepat rusak dan tetap awet selanjutnya, bersihkan kotoran di Handphone. Kotoran yang mengendap pada handphone bisa membuat perangkat lebih mudah panas dan rusak.

Agar hasilnya lebih maksimal, saat membersihkan handphone disarankan menggunakan lap microfiber atau lap kacamata, Tidak dianjurkan menggunakan tisu ataupun permukaan yang mengakibatkan goresan pada handphone

5. Menghapus Cache yang Menumpuk

Selain membersihkan body handpone, kamu wajib membersihkan bagian dalam handphone, termasuk cache yang menumpuk. Cache yang menumpuk mengakibatkan memori penuh dan akan membuat kinerja handphone jadi lemot.

Bahkan lebih parahnya, sistem operasi handphone nggak merespon alias ngelag. Menghapus cache tak akan berpengaruh pada data penyimpanan di ponsel milik kamu, jadi jangan khawatir jika nantinya semua data di handphone kamu akan hilang.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi HP Lipat Terbaru Edisi April 2024, Desainnya Unik dan Compact Bikin Penampilanmu Makin Kece

Sumber: