Jangan Anggap Remeh, Begini Cara Charger Ponsel yang Benar

Jangan Anggap Remeh, Begini Cara Charger Ponsel yang Benar

Cara Charger Ponsel yang Benar--

RADAR TEGAL – Di era modern seperti saat ini, sebagian besar masyarakat kini tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa ponsel. Berikut ini cara charge ponsel yang benar supaya baterai tetap prima.

Apabila Anda sering beraktivitas mengunakan handphone (HP) pasti baterai akan cepat terkuras. Oleh karena itu, Anda sebagai pengguna ponsel tentu harus memiliki kapasitas baterai yang besar.

Namun, beberapa di antara Anda salah mengartikan hal tersebut. Jadi tidak heran heran apabila banyak orang yang ingin membeli HP akan mempertimbangkan untuk memilih HP dengan baterai kapasitas besar.

HP dengan baterai kapasitas tinggi akan percuma jika Anda tidak mampu untuk mengatasi keawetan baterai.

BACA JUGA: Turun Harga, Ini Daftar Harga HP OPPO Terbaru 2023, Ada yang Rp2 Jutaan

Keawetan baterai tersebut terkait dengan cara mengisi daya atau charger baterai. Secara sederhana, sebesar apa pun kapasitan baterai HP yang Anda milki, apabila salah dalam penggunaan dan proses isi daya, maka kemampuan baterai tersebut akan berkurang dan tetap  akan menjadi boros.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara charger HP yang benar atau cara mengisi daya HP yang benar. Berikut penjelasannya.

Harus Berapa Persen HP Harus Dicharger?

Sebagian dari Anda tentu akan mengisi daya baterai hingga 100 persen atau bahkan mengisi hingga semalaman dan Anda tinggal tidur. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya, para pengguna ponsel perlu mengetahui aturan pengisian baterai yang benar, lho.

Anda bisa mengisi baterai dari 20% hingga 80% dan usahakan mencabut charger HP sebelum mencapai 100 persen.

BACA JUGA: Review HP Rp1 Jutaan Realme C33 dengan Chipset UNISOC Tiger T612, Kenali Spesifikasi Lengkapnya

Cara Charger Ponsel yang Benar

1. Jangan biarkan baterai HP habis sampai nol

Anda perlu menghindari pengisian daya baterai saat sudah mati atau  0%. Ada baiknya, Anda mengisi baterai pada saat masih tersisa 20 persen hingga 30 persen. Hal tersebut diyakini bisa memperpanjang umur baterai.

2. Tidak boleh dimainkan pada saat mengisi daya

Sebagian dari Anda tentu sering menggunakan ponsel sambil dicharger bukan? Hal tersebut sebenarnya tidak disarankan, lho.

Karena bisa menyebabkan ponsel menjadi panas dan bisa mempengaruhi kinerja umur baterai. Pengisian daya juga menjadi lebih lambat, karena gadget yang Anda charger sambil digunakan.

3. Gunakan charger asli atau ori

Tahukah Anda bahwa dengan menggunkaan charger asli atau ori maka Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Misalnya saya, akan membuat pengisian baterai lebih cepat, bisa melindungi perangkat dan pengguna HP seprti overcharging abhkan risiko kebakaran.

BACA JUGA: HP Oppo Reno11 Siap Gemparkan Indonesia? Ini Spesifikasinya

4. Letakkan HP di tempat yang sejuk pada saat mencharger

Cara berikutnya yakni dengan meletakkan HP di tempat yang sejuk pada saat melakukan pengisian daya. Hal ini bisa membuat usia baterai Anda menjadi awet.

Karena tingkat ketahanan sebuah baterai Li polymer paling tinggi kisaran 60 derajat celcius. Jadi, ada baiknya untuk  menghindari meletakkan hp di  tempat yang panas, ya.

5. Matikan HP saat melakukan pengisian daya

Mematikan HP pada saat melakukan pengisian daya merupakan hal yang sangat baik untuk Anda lakukan karena semua kinerja yang terdapat pada ponsel Anda akan berhenti. Sehingga bisa membuat HP Anda tidak panas dan pengisian daya lebih cepat karena HP hanya fokus pada pengisian baterai saja.

Demikian ulasan mengenai Cara Charger Ponsel yang Benar. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: