5 Tips Perawan Mobil Setelah Perjalanan Jauh, Wajib Periksa Onderdil Ini

5 Tips Perawan Mobil Setelah Perjalanan Jauh, Wajib Periksa Onderdil Ini

tips perawatan mobil setelah perjalanan jauh--

RADAR TEGAL - Setelah mudik lebaran yang menempuh perjalanan jauh, tentunya mobil memerlukan perawatan. Berikut tips perawatan mobil setelah perjalanan jauh yang wajib Anda tahu.

Tips perawatan mobil setelah perjalanan jauh terkesan sepele bagi sebagian orang. Padahal jika dilewatkan. mobil kamu bisa saja mengalami hal yang tidak diinginkan bahkan paling parahnya rusak total.

Sehingga perawatan mobil setelah perjalanan jauh harus Anda lakukan untuk mengantisipasi adanya kerusakan bagian mobil. Salah satunya yaitu Anda wajib mengecek onderdil pada mobil berikut ini.

Berikut 5 tips perawatan mobil setelah perjalanan jauh yang harus Anda lakukan agar tidak rusak. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi menarik selanjutnya.

BACA JUGA: 5 Kendala Mobil Setelah Mudik yang Sering Muncul, Berikut Cara Mengatasi Penyakitnya

Tips perawatan mobil setelah perjalanan jauh

1. Periksa radiator mesin mobil

Hal yang wajib Anda lakukan setelah mobil dibawa perjalanan jauh yaitu memeriksa radiator mesin mobilnya. Fungsi dari radiator mesin mobil yaitu untuk menjaga tingkat suhu mesin mobil agar tetap dingin.

Hal ini menghindari mesin mobil menjadi cepat panas atau over heat. Mesin mobil yang over heat tentunya akan membuat mesin cepat rusak sehingga mempengaruhi performanya.

Jauhnya perjalanan yang mobil Anda lewati akan membuat kondisi mesin radiator agak melemah. Sehingga Anda harus melakuakn perawatan setelah tiba di rumah dengan mengganti air radiator harus setiap 10.000 km sekali.

BACA JUGA: Perhatikan 7 Poin Ini untuk Perawatan Mobil Pajero Sport yang Tepat agar Tetap Tangguh

2. Cek komponen rem dan kopling

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengecek komponen rem dan kopling. Hal ini karena mobil yang setelah perjalanan jauh kemungkinan kampas rem dan kopling semakin menipis.

Tentunya kampas rem yang semakin menipis akan membahayakan pengendara. Sehingga apabila kampas rem dan kopling sudah tipis ada baiknya langsung mengganti dengan kampas rem dan kopling yang baru agar aman selama menggunakan mobil.

3. Periksa kondisi ban mobil

Sumber: