Fakta Menarik Seputar Asal Usul Soto Tauco Tegal Hingga Cara Membuatnya, Pastikan Jangan Cuma Makan Saja

Fakta Menarik Seputar Asal Usul Soto Tauco Tegal Hingga Cara Membuatnya, Pastikan Jangan Cuma Makan Saja

Fakta Menarik Seputar Asal Usul Soto Tauco Tegal Hingga Cara Membuatnya, Pastikan Jangan Cuma Makan Saja --

RADAR TEGAL- Indonesia terkenal dengan kekayaan kuliner yang beragam, dan salah satu hidangan yang menjadi favorit banyak orang  dan wajib dicoba apabila Anda sedang berkunjung ke tegal ada Soto Tauco Tegal. Selain harus mencicipi kelezatannya, Anda  juga perlu tau asal usul soto tauco tegal.

Karena dibalik kelezannya, ada asal usul soto tauco tegal yang menarik  yang perlu Anda tau ya, pada artikel ini akan mencoba mengulas lengkap mengenai asal usul hingga resep soto tauco tegal.

Jadi tidak hanya tentang menikmati  rasa yang lezat saja, tetapi juga tentang pemahaman asal usul soto tauco tegal  yang mencerminkan sejarah, nilai-nilai, dan  memahami proses pembuatannya juga,.

Jadi tanpa berlama lagi bagi Anda yang ingin mengetahui lengkap sampai asal- usul soto tauco tegal, yuk Simak artikel ini sampai selesai ya

BACA JUGA: Gelar Open House Lebaran di Pringgitan, Pj Walikota Tegal Dadang Soemantri Lakukan Ini dengan Warga

Asal Usul Soto Tauco Mantap

Meskipun tidak ada catatan pasti tentang kapan Soto Tauco Tegal pertama kali muncul, sejarah tauco yang digunakan sebagai bumbu dalam soto memberikan petunjuk akan akar budayanya. Tauco, bumbu yang berasal dari Tiongkok, diperkenalkan oleh Tan Kei Hian, seorang imigran Tionghoa yang menetap di Cianjur pada tahun 1880.

Pada masa yang jauh sebelumnya, sebelum Dinasti Chou pada tahun 722 - 482 SM, proses fermentasi untuk membuat tauco telah ditemukan. Di Tegal, soto tauco mulai dikenal lebih dari 180 tahun yang lalu.

Sejak kedatangan etnis Tionghoa yang ditandai dengan berdirinya Kelenteng Hay Kiong di kawasan Kota Tua Tegal. Sejarah Soto Tauco Tegal menjadi simbol harmoni antar etnis di Tegal, yang mencerminkan perpaduan budaya yang unik dan indah.

Ciri Khas Soto Tauco Tegal

Salah satu ciri khas yang paling mencolok dari Soto Tauco Tegal adalah rasa tauco yang dominan. Rasa unik ini memberikan sentuhan yang berbeda dan khas pada soto ini, membedakannya dari soto-soto lainnya.

Selain itu, Soto Tauco Tegal memiliki beberapa varian rasa, seperti soto ayam, daging, babad, dan campur. Setiap varian memiliki keunikan sendiri dalam racikan bumbu dan isian yang digunakan.

Kuah soto ini memiliki warna kecoklatan yang khas, karena penggunaan tauco sebagai salah satu bahan utamanya. Rasa gurih, manis, pedas, dan asam yang terpadu sempurna membuat setiap suapan soto ini menggugah selera.

BACA JUGA: Pemberian THR di 24 Perusahaan Dipantau, Disnakerin Kota Tegal Terjunkan 3 Tim

Resep Membuat Soto Tauco Tegal

Untuk dapat menikmati kelezatan Soto Tauco Tegal, Anda bisa mencoba membuatnya di rumah dengan langkah-langkah berikut:

  • Rebus daging ayam hingga empuk, suwir-suwir, dan sisihkan.
  • Membuat sambal tauco dengan merebus cabe merah dan rawit merah, haluskan, tumis bawang merah dan bawang putih, masukkan cabe yang sudah dihaluskan, tambahkan tauco, garam, gula pasir, kaldu bubuk, bawang putih yang diiris, tauge, bihun/soun, kecap, dan daging ayam yang sudah diiris, aduk rata.
  • Membuat kuah soto dengan merebus daging ayam, air, daun salam, serai, garam, bawang putih, bawang merah, merica bubuk, kaldu bubuk, dan sambal tauco yang sudah dibuat, aduk rata.
  • Sajikan soto tauco Tegal dalam mangkuk kecil, tambahkan sendok bebek untuk penyajian yang lebih autentik. Nikmati dengan nasi atau lontong.

Sumber: